Ukuran Rahim yang Berubah

Perkembangan janin sangat memengaruhi ukuran rahim. Semakin besar janin, otomatis besar rahim akan menyesuaikan. Biasanya perut seseorang menampung 500cc gas sehari. Cara mengeluarkannya gas beragam seperti sendawa dan kentut. Nah, untuk ibu hamil yang sedang memiliki janin di dalamnya, ukuran rongga perut menyempit dan menyebabkan tempat menampung gas tersebut tidak cukup. Alhasil gas akan semakin sering keluar, alias kamu akan makin sering kentut Moms. 
 

source: http://www.emmasdiary.co.uk

Makanan

Saat hamil tentunya Moms mengonsumsi makanan sehat seperti susu, buah-buahan, sayur. Ketiga makanan sehat ini mengandung gula simplek.Kandungan ini sulit dicerna oleh tubuh an menyebabkan usus kecil tidak dapat menyerapnya. Gula simplek ini kemudian mengalir ke usus besar dimana akan dicerna sebagai karbondioksida, hidrogen, dan metana yang akan mendorong gas untuk segera keluar. Gas ini dikeluarkan melalui kentut karena sudah tidak bisa dikeluarkan melalui sendawa.

source: https://www.eatrightontario.ca
baca juga

Gangguan Hormon Progesteron

Enggak usah malu kalau Moms sering kentut saat hamil. Tahu enggak kalau saat hamil kamu bisa kentut sebanyak 15 hingga 20 kali dalam sehari. Hal ini karena hormon progesterin meningkat, menyebabkan mobilitas tubuh bagian dalam melambat. Kerja usus melambat sehingga gas semakin banyak dan kamu akan sering kentut. 

source: http://zeenews.india.com

Walaupun meningkatnya hormon progesteron pada tubuh ibu hamil tidak dapat dihindari, Moms bisa meminimalisir frekuensi kentut dengan melakukan hal ini:

  • Kurangi mengkonsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan
  • Usahakan untuk mengundari penggunaan pakaian yang ketat terutama pada bagian perut dan pada bagian pinggang
  • Kurangi minuman yang mengandung pemanis buatan
  • Makan lebih sering namun porsi kecil
  • Konsumsi minuman hangat 
source: https://www.videoblocks.com