Sebagai seorang tua pasti kita menginginkan anak kita selalu sehat dan ceria. Tapi dengan seiiring berjalannya waktu faktor cuaca, kelelahan, makan minum yang sembarangan, dan tertularnya dari teman-temannya pasti menjadi anak yang tadinya sehat menjadi batuk, pilek, dan demam. Daya tahan tubuh anak menurun menjadikan anak terlihat lemas dan tidak bisa melakukan aktifitasnya seperti biasa.

Tentunya kita sebagai orang tua tidak menginginkan anak kita terlalu lama merasakan sakit didalam dirinya. Biasanya para mom langsung melakukan tindakan untuk membawa anaknya ke dokter atau memberikan obat-obatan yang dijual bebas di apotik.

Hal yang sebaliknya dilakukan bu'az untuk mengatasi Azka jika terkena batuk pilek, dan demam. Bu'az lebih memilih untuk memakai tanaman obat herbal untuk diberikan kepada Azka. Disamping dari harga yang ekonomis, tanaman obat herbal tidak seperti obat-obatan yang sudah tercampur alat-alat serta pengawet dan juga terdapat efek samping dalam obat-obatan yang dijual bebas di apotik. Bu'az memberikan tanaman obat herbal semenjak azka berumur 7 bulan dan alhamdulilah jika diberikan tanaman obat besoknya Azka sudah lebih baik.

Berikut tanaman obat yang bu'az berikan ke Azka bila dia sedang batuk, pilek, dan demam . Cekidot yaa ...

1. Jahe



Jahe dipercaya untuk menyembuhkan flu dan dapat menghangatkan tubuh. Bila anak mom terserang flu dan pilek bisa diberikan air rebusan jahe. Caranya kupas jahe dan cuci bersih lalu dikeprek hingga gepeng lalu siapkan air 500ml dan masukan jahe yang sudah di geprek lalu masukan gula aren (sesuai selera) agar rasa jahenya tidak terlalu pedas. Masak hingga mendidih dan airnya berkurang. Lalu berikan untuk anak dalam keadaan dingin atai hangat hangat kuku dengan takaran 1 sendok teh. Air jahe dapat diberikan 3x sehari aman diberikan sejak anak berumur 8 bulan. Jika mom ingin mengganti gula aren dengan madu pun bisa ya mom, sesuai selera mom saja. Dan sisanya mom bisa minum dan setelah minum air jahenya mom juga bisa memberikan asi agar pileknya anak mom sembuh.

2. Kencur



Kencur berhasiat untuk meredakan batuk pada anak dan dewasa. Cara ini menurut bu'az sangat ampuh loh. Walaupun rasanya anyir dan tidak karuan tapi sangat mujarab. Caranya kupas kencur dan cuci sampai bersih. Parut kencurnya hingga alus dan peras kencurnya hingga mengeluarkan air perasan kencurnya. Bila air kencurnya terlalu sedikit dapat ditambahkan air matang diparutan kencurnya, bejek-bejek dan peras dan saring. Air perasan kencur juga bisa dicampur dengan madu juga ya untuk mengurangi bau anyir dan rasanya yang tidak karuan. Air kencur aman diberikan sejak bayi 7 bulan, takarannya 1 sendok teh dan 3x sehari.

3. Daun Jarak



Daun jarak berhasiat untuk menurunkan deman atau panas pada anak.Daun jarak ini tidak untuk dimakan melainkan ditempelkan pada anak mom yang sedang demam selama beberapa jam atau semalaman. Caranya sediakan daun jarak 3 lembar lalu diolesi bagian depan daun jarak dengan minyak kelapa lalu diapi-apikan selama kurang lebih 1 menit lalu setelah dingin ditempelkan ke bagian perut dan punggung anak. Terakhir balutkan gurita bayi atau kain kebadan anak mom agar daun jaraknya tidak pindah tempat. Diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Setelah dibuka daun jarak akan garing seperti kerupuk karena panas anak mom telah berpindah ke daun jarak tersebut.

Itulah cara bu'az untuk mengobati Azka saat batuk, pilek, dan demam. Caranya lebih aman dan ekonomis. Bu'az tidak anti dokter loh ya mom. Jikalau Azka tidak sembuh dengan tanaman herbal dalam 3 haripun bu'az langsung ke dokter. Hanya memanfaatkan tanaman yang sedari dulu berkhasiat menyembuhkan anak tanpa efek samping. Dan begitu juga bila anak mom tidak sembuh dalam 3 hari, mom bisa kedokter ya. Tapi Insya Allah dengan tanaman herbal bisa sembuh mom. Jangan lupa sebelum memberikan tanaman obat berdoa dulu ya mom ...

Semoga bermanfaat 😊