Ingat waktu kita kecil dulu, Moms? Bermain tanah di kebun, menyusuri sawah, mengejar ayam, atau memetik buah-buahan? Anak-anak kita di era serba digital seperti sekarang, semakin langka kesempatannya untuk bercengkrama dengan alam. Untunglah, Moms, masih ada tempat-tempat wisata yang menawarkan kegiatan edukasi alam yang menyenangkan untuk anak.
 
Belajar menanam, mencangkul, memanen, hingga bercengkrama dengan kerbau pembajak sawah. Kegiatan-kegiatan ini lumrah disuguhkan, berpadu dengan kegiatan lain yang sejalan, misalnya menggiring bebek, memberi makan ternak, dan menangkap ikan.
 
Di Bandung, tempat seperti ini termasuk cukup menjamur. Lokasinya pun rata-rata tersebar di pinggiran kota. Jika Moms mencari destinasi agrowisata yang memberi kesempatan anak untuk turut mencicipi pengalaman berkebun dan bertani, 5 tempat di Bandung dan sekitarnya ini patut Moms sekeluarga kunjungi.
 
1. Tani Kota
Lokasi tempat ini tergolong strategis, tepatnya di area Cisitu, tak jauh dari Dago. Tani Kota menawarkan konsep bertani urban, memungkinkan para pengunjung untuk berkebun di lahan perkotaan. Anak-anak akan melalui proses lengkap mulai dari pembenihan, penanaman, hingga memanen sayuran. Hasil panen bisa sekaligus dibawa pulang, lo! Ada pula pengenalan lingkungan dan hewan ternak yang diperuntukkan untuk balita.

Alamat : Jalan Cisitu Indah VI, Dago, Bandung
Harga kegiatan : Paket berkebun sebesar Rp. 50.000 dan paket pengenalan lingkungan/ternak sebesar Rp. 35.000. Paket berlaku untuk kunjungan minimal 10 anak.
Foto dari Instagram : @tani_kota

 
2. Jendela Alam
Tempat wisata edukasi ini tergolong lengkap. Sebut saja fasilitas outbound, memberi makan hewan, pengenalan bertani, menangkap ikan, aneka workshop hingga menunggang kuda. Moms pun dapat memilih paket edukasi yang isinya beraneka rupa, apabila berniat mengunjungi Jendela Alam beramai-ramai sebagai bagian dari “playdate” atau “gathering”.

Alamat : Kompleks Graha Puspa, Jl. Sersan Bajuri KM 4,5, Cihideung, Lembang, Bandung
Harga tiket masuk : Rp. 15.000 (Senin-Jumat) atau Rp. 25.000 (Sabtu-Minggu, hari libur)
Harga kegiatan : Rp. 20.000 – Rp. 35.000, tergantung jenis kegiatannya

Foto dari Instagram : @jendelaalambandung

 
3. Little Farmers
Edukasi alam dan sains menjadi tujuan kegiatan Little Farmers. Tak hanya belajar menanam atau berkenalan dengan ternak, anak-anak turut mendapatkan wawasan lingkungan hidup dan materi sains disesuaikan dengan jenjang. Little Farmers juga menyediakan paket outbound dan “team building” mengasyikkan.

Alamat : Jalan Kolonel Masturi 339, Cisarua, Bandung
Harga tiket masuk : Rp. 10.000
Harga kegiatan : Rp. 45.000 untuk paket edukasi berkebun dan pengenalan ternak

Foto dari Instagram : @littlefarmers_cisaruabandung

 
4. Kampung Batu Ecopark
Siapa sangka Bandung Selatan menyimpan “hidden gems”, sebuah tempat wisata yang komplit seperti Kampung Batu ini. Berada berdekatan dengan Tektona Waterpark, Kampung Batu Ecopark menawarkan sederet wisata alam dan edukasi yang menarik untuk disambangi. Anak-anak dapat mencoba berkebun, bertani di sawah, bermain dengan hewan ternak, termasuk bercengkrama dengan unggas, kelinci, bahkan rusa! Wahana-wahana pendukung lain seperti pengenalan kebudayaan Sunda, memancing di danau, permainan air, fasilitas outbound, dan becak mini, melengkapi jalan-jalan seru Moms sekeluarga di sini.

Alamat : Jalan Raya Banjaran – Rencong, Malakasari, Baleendah, Bandung
Harga tiket masuk : Rp. 5.000 (anak) dan Rp. 10.000 (dewasa)
Harga tiket wahana : kisaran Rp. 5.000 – Rp. 25.000 per wahana

Foto dari Instagram : @kampungbatu

 
5. Villa Sanggar Tani
Tempat yang satu ini termasuk belum banyak terekspos. Alasan utamanya, karena lokasinya di pinggiran Bandung dan memang belum terkelola baik seperti keempat tempat di atas. Villa Sanggar Tani merupakan destinasi yang termasuk dalam paket edukasi kereta api milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) daerah operasi 2 (Bandung dan sekitarnya). Paket ini meliputi naik kereta api dari Stasiun Bandung ke Stasiun Cicalengka, pengenalan stasiun dan pekerjaan di stasiun, lalu naik angkutang kota (angkot) ke Villa Sanggar Tani. Di Villa Sanggar Tani, tersedia kegiatan menanam padi, menaiki kerbau yang membajak sawah, dan main air di sungai kecil.

Alamat : Cicalengka, Bandung
Harga kegiatan : kisaran Rp. 35.000 – Rp. 70.000 (paket naik kereta api dan bertani, bisa memilih dengan atau tanpa makan siang), berlaku untuk rombongan minimal 50 orang
Foto dari Instagram : @edutraindaop2

 
Selagi menunggu musim hujan berlalu, Moms bisa mulai merencanakan berwisata ke tempat-tempat ini di liburan atau akhir pekan mendatang. Kecintaan akan alam dan mengenal baik profesi yang menjadikan Indonesia sebagai negara agraris, akan memperkaya wawasan serta pengalaman anak.
 
Share cerita keluarga selepas main ke tempat-tempat ini ya, Moms!

 

Headline photo from Instagram @tani_kota