Baru benar-benar menyadari arkan berbeda tuh ketika usia 1 tahun 10 bulan, itupun sadarnya tentang keterlambatan bicara dan arkan yang gak pernah noleh ketika dipanggil, setelah cek cok panajng lebar akhirnya memutuskan untuk konsultasi ke klinik tumbuh kembang anak.
Ternyata gak bisa lho moms konsultasi perkambangan anak langsung ke spesialis, harus ada rujukan dulu dari dokter spesialis anak bahkan dokter umum.

Berikut moms tahapan yang saya lalui:

1. Dokter umum

karena saya menggunakan asuransi BPJS, maka saya harus ke dokter umum di faskes tingkat 1, hanya untuk mendapatkan surat rujukan ke rumah sakit yang hendak kita tuju. Namun dokter umum juga melakukan pemeriksaan sederhana, ya sebatas mengajukan pertanyaan ke orang tua, lalu dokter memberikan diagnosa sementara arkan mengalami “developmental disorder of speech and language”.
 
2. Dokter Spesialis Anak

Dengan dokter spesilist anak juga sama moms, dilakukan pemeriksaan sederhana. Namun dengan dokter spesialis anak dilakukan pemeriksaan fisik juga terhadap arkan, interview orang tua lalu memberikan rujukan ke dokter di klik tumbuh kembang.
 
3. Dokter Spesialis Rehab Medik

Moms, disini saya katro banget. Sungguh saya baru ngerti bahwa dokter di klinik tumbuh kembang anak tuh sebutannya dokter rehab medik atau sekarang berganti menjadi spesialis , ckckck….
Saat itu yang menangani arkan namanya dr. Lusan Maria Tamba, Sp.KFR. dengan dokter lusan pemeriksaan sangat detile, dari tetek bengek ditanya semua. Namun karena saya datang ke dokter dengan keluhan anak belum bisa bicara dan tidak menoleh ketika dipanggil, yah akhirnya harus dirujuk ke dokter THT untuk melakukan pemeriksaan penunjang sebelum memberikan diagnose.
 
4. Dokter Spesilais Telinga-Hidung_Tenggorokan (THT)

Moms, tujuan dirujuk ke spesialis THT tuh untuk dilakukan tes pendengaran pada arkan karena bisa jadi kan anak tuli, sebab gak pernah noleh kalo namanya dipanggil, dan biasanya jika anak mengalami gangguan pendengaran maka akan mengalami gangguan pada kemampuan bicaranya.
Tapi gak semua lho moms, dokter THT bisa melakukan tes pendengaran ini. Di RS hermina group aja harus ke Hermina pusat untuk melakukan tes. Tes pendengaran yang dilakukan arkan menggunakan metode BERRA (Brainstem Evoked Response Audiometry) sehingga orang sering menyebutnya dengan tes BERRA.
 
 ‘