1. Metode Tegak Lurus

Posisikan bayi tegak ke dadamu dengan kepala sedikit di atas bahumu. Letakan lenganmu di punggungnya dan di bagian bawah punggung. Gosok atau tepuk lembut punggung bayi, jangan menepuk terlalu keras area ini ya, ladies, cukup perlahan aja.
 

source: http://www.parenting.com/ask-dr-sears-babys-hiccup-habit


 

2. Metode Pangkuan

Tempatkan bayi di pangkuan dengan perutnya di satu pahamu dan kepalanya di paha lainnya. Pastikan kepalanya mengarah ke samping. Kemudian, gosok perlahan dan tepuk punggungnya. Posisi ini membantu memberi tekanan lembut pada perut bayi yang bisa membantu mengeluarkan gas.
 

source: http://www.sciencebasedmedicine.org


 

baca juga

3. Metode Duduk

Cobalah untuk meletakan bayimu di pangkuan sehingga dia duduk tegak tapi membentuk suatu sudut (condong ke depan sedikit). Tahan dadanya dan leher atau kepala dengan tanganmu, pastikan bahwa kamu tidak terlalu banyak memberikan tekanan ke lehernya. Lalu tepuk lembut dan gosok punggungnya.
 

source: http://www.newkidscenter.com


 

4. Bersendawa

Mengambil jeda istirahat saat sedang makan untuk bersendawa, dapat membantu si kecil menghilangkan cegukannya, karena bersendawa bisa menyingkirkan kelebihan gas yang mungkin menyebabkan cegukan. Jika bayi masih disusui (ASI), kamu harus memberikan bayi waktu untuk bersendawa sebelum mereka beralih ke payudara lain.
 

source: http://quemas.mamaslatinas.com/health_fitness/130536/hiccups_cures


 

baca juga

5. Gunakan Dot

Cegukan bayi tidak selalu dimulai dari saat menyusui. Ketika bayimu mulai cegukan sendiri, cobalah membiarkannya mengisap dot, karena ini akan membantu mengendurkan diafragma dan dapat membantu menghentikan serangan cegukan.
 

source: http://www.healthline.com/health/childrens-health/newborn-hiccups


 

6. Biarkan Cegukan Berhenti Sendiri

Biasanya cegukan bayi akan dapat berhenti dengan sendirnya setelah beberapa saat. Jika cegukan tersebut tidak mengganggu bayimu, maka kamu bisa membiarkannya cegukan.
Jika kamu masih merasa terganggu karena cegukan si kecil tidak berhenti sendiri, segera periksa ke dokter. Meski jarang terjadi, cegukan bisa menjadi pertanda adanya masalah medis yang lebih serius.
 

source: https://contentinjection.com/baby-hiccups/

Itulah 6 tips mengatasi bayi yang sering cegukan. Semoga bermanfaat, mommies!