Nah ada beberapa efek yang ditimbulkan karena tongue tie ini, seperti :

1. Kesulitan saat menyusui
ini sudah pasti sekali awal – awal susah untuk menyusui, tapi don’t give up moms, walaupun awalnya drama tapi sedikit – sedikit Nimo mulai menyesuaikan sampai akhirnya dia bisa sendiri lekat dengan baik.



2. Kesulitan mengunyah dan menelan.
Karena tali lidahnya pendek bikin anak cepat pegal buat ngunyah dan ini terjadi Pas Nimo mulai makan. Nimo jadi males banget ngunyah terutama kalau makan yang, walaupun alhamdulillah dia bisa cepat menyesuaikan menuju makanan yang bertekstur kasar.


3. Terlambat bicara dan kesulitan untuk melafalkan beberapa huruf (cadel) seperti huruf R, Z, S , T , D. 
Walaupun Nimo bawel  dan senang nyanyi nyanyi dengan bahasa planetnya kadang saya agak gak ngerti dia bicara apa, karena pelafalannya yang belum jelas. Jadi tugas kita untuk memperjelas, membenarkan pelafalan mereka. Untuk seusia Nimo kosa kata yang bisa jelas banget di dengar gak sebanyak anak 2,5 tahun pada umumnya.  Beberapa ada yang bilang dia akan bisa sendiri sambil terus diasah dan belajar sendiri, tapi sebaiknya minta bantuan sama ahlinya pada terapi wicara supaya lebih membantu.


 
Tongue tie ini sebenarnya bisa diatasi dengan 2 cara yaitu dengan cara Frenotomy, yaitu menggunting sisi bawah lidah supaya gak terlalu melekat dan lidah bisa bergerak lebih leluasa. Prosedur ini lebih mudah dan cepat.  Prosedur ini dianjurkan buat bayi yang baru lahir sampai usia 3 bulan, karena di umur yang masih belia itu frenotomi bisa dilakuin tanpa bius dan luka pada bayi jadi si bayi lebih cepat untuk sembuh. Biasanya setelah digunting anak langsung bisa menyusui dengan baik. Waktu bayi Nimo sempat disarankan untuk prosedur ini tapi karena waktu itu bilirubin-nya tinggi jadi dokter gak berani untuk main gunting karena beresiko. Dokter juga terus pantau kemampuang menyusu Nimo, perkembangan berat badan dan lain – lain, sampai akhirnya dia menyerahkan keputusan sama Ayah ibu Nimo, karena Nimo ada di grade B jadi dia gak merasa ini terlalu urgent untuk dilakuin.

Prosedur pengobatan yang kedua itu dengan Frenuloplasty, yaitu prosedur lengkap, pembiusan dan sebagainya bisa dibilang operasi lah ini. Prosedur ini biasanya dilakuin di komplikasi tongue tie yang rumit dan sudah ganggu aktifitas anak apalagi ketika anak semakin tumbuh semakin terlihat dan terasa mulai mengganggu biasanya langsung ditindak lanjut.  Tapi prosedur ini lebih diianjurkan pada anak yang sudah besar atau bayi lebih dari 6 bulan.
 
Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat ya moms. See you on my next post, kiss :*