Lanjutan dari blog sebelumnya (baca disini)

Biar gak buta-buta banget soal asuransi, berikut ibun kasih tips bagaimana memilih perusahaan asuransi yang bagus?. Nah berikut beberapa tips dari ibun :

1. Profil perusahaan. Banyak orang yang mengganggap sepele hal ini, padahal sebagai calon nasabah kita wajib tahu history perusahaan yang akan mengelola keuangan kita beberapa tahun ke depan. Tak kenal maka tak sayang.

2. OJK. Pastikan perusahaan asuransi yang bukibuk pilih masuk dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

3. Total aset perusahaan. Kenapa kita harus tahu?. Karena untuk jaga-jaga kemungkinan terburuk yang akan dihadapi perusahaan, seperti collapse.

4. Prestasi perusahaan. Biasanya ada beberapa majalah keuangan seperti majalah Investor yang kerap menerbitkan informasi daftar perusahaan keuangan termasuk perusahaan asuransi berdasarkan kategori jumlah aset, jumlah nasabah, jumlah laba, dan lain-lain.

5. Saham. Perusahaan asuransi besar biasanya akan menjualnya sahamnya di pasar modal, ada baiknya cari tahu siapa pemegang saham terbesar saat itu. Caranya bagaimana?, bisa tanyakan langsung ke agen penjualan karena biasanya mereka memegang buku ULAR (Unit Link Annual Report).

6. Testimoni. Bisa di dapatkan dengan mencari informasi di internet, web perusahaan, atau pun di majalah-majalah keuangan. Testimoni ini bisa berupa feedback untuk perusahaan, agen penjualan, atau pun kepuasaan nasabah saat melakukan klaim.

Nah itu tadi beberapa tips dari ibun, keliatan sepele tapi ini membantu banget saat kita dihadapkan dengan beberapa pilihan. Selain 6 hal diatas, ibun lebih memilih perusahaan asuransi langsung (contoh; Prudential, Allianz, dll) dibandingkan dengan Bancassurance (contoh; BRIngin Life, AXA Mandiri, dll). Kenapa? Karena untuk proses klaim, asuransi langsung jauh lebih cepat dibandingkan dengan Bancassurance. Selain itu, asuransi langsung biasanya dilayani langsung oleh agen tanpa perantara. Jadi kalau ada apa-apa, bisa langsung contact agennya tanpa ribet harus ke kantor perusahaan asuransi tersebut.

Dan yang tidak kalah pentingnya, pleaseee sebelum menyetujui keikutsertaan asuransi bukibuk harus paham betul tentang SYARAT DAN KETENTUAN PENGAJUAN KLAIM. Jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan hal sekecil apapun yang belum dipahami karena banyak diluar sana orang-orang enggan berasuransi disebabkan oleh INFORMASI YANG SETENGAH-SETENGAH. Pastikan juga agen yang bukibuk pilih adalah FULL TIME AGEN sehingga jika suatu saat kita membutuhkan bantuan agen bisa langsung dilayani. Selain itu, JANGAN GAMPANG TERGIUR OLEH PREMI MURAH TAPI MANFAAT BESAR karena perusahaan asuransi yang benar tidak akan menjanjikan manfaat besar dengan premi murah karena harga tidak bohong toh? Heheee. Oh iya satu hal lagi kalau bukibuk tidak beransuransi karena takut riba, jangan khawatir banyak perusahaan asuransi yang menyediakan ASURANSI SYARIAH yang tentunya cara pengolahan dana dan klaim juga sesuai dengan ketentuan agama.

Bagaimana jika kita belum punya uang?, nah ini pasti menjadi kegundahan setiap orang. Sekarang kan pemerintah sedang menggalakkan program BPJS, dimana premi yang ditawarkan sangat amat murah (baca disini). Untuk layanan kelas satu saja hanya  Rp. 80.000 tapi sebagai informasi saat ini BPJS memberlakukan pembayaran satu VA (virtual account) berdasarkan jumlah anggota yang tertera di Kartu Keluarga. Oh iya kabarnya juga tahun 2018 ini, pemerintah akan MEWAJIBKAN setiap orang untuk memiliki BPJS dan harus selalu aktif jika tidak maka semua akses layanan pemerintah (seperti pajak) akan di block.

Semoga informasi ini berguna ya bukibuk, yukkk mulai pikirkan untuk berasuransi 😃.

 

Salam sayang dari Alta dan ibun ❤️