Penyebab Robekan Vagina

Sebenarnya, vagina robek akibat persalinan normal adalah hal yang wajar terjadi. 90 persen wanita yang melahirkan anak pertamanya secara normal akan mengalami robekan ini. Robekan yang terjadi bisa hanya berupa lecet kecil namun bisa juga goresan yang cukup dalam bahkan memengaruhi otot dasar panggul. Hal ini karena vagina meregang untuk mengeluarkan bayi. Saat proses persalinan, bagian tubuh bayi akan terdorong ke dalam vagina dan bergerak mendekati perineum (area di antara vagina dan anus). Perineum dan vagina pun meregang. Jika peregangan perineum tidak terjadi dengan mulus, akan menyebabkan robekan pada vagina.

Penyebab Robekan Vagina
source: https://motherandbaby.co.uk

Yang Berisiko Mengalami Robekan Vagina

Selain ibu yang melahirkan normal untuk pertama kalinya, mereka yang berpotensi mengalami vagina robek saat melahirkan antara lain: ibu yang pernah melahirkan normal sebelumnya namun mengalami luka robekan yang cukup parah, ibu yang melahirkan bayi besar, ibu yang mengalami proses bersalin yang terlalu lama, ibu yang mengalami kenaikan berat badan yang banyak saat hamil, dan proses persalinan yang terlalu cepat sehingga tidak memberi kesempatan perineum untuk meregang.

Yang Berisiko Mengalami Robekan Vagina
source: http://www.clickhole.com
baca juga

Pencegahan Terjadinya Robekan Vagina

Untuk mencegah terjadinya vagina robek saat melahirkan, yang harus Moms jalani adalah proses bersalin yang perlahan dan sistematis. Jika ada keinginan untuk mendorong bayi jangan lakukan dengan seluruh kekuatan Moms, melainkan pelan-pelan saja. Mungkin ini akan sedikit sulit jika Moms sudah keburu panik dengan persalinan. Satu lagi, mulai bulan ketujuh kehamilan, Moms bisa mengompres area perineum dengan air hangat supaya jaringan di sekitar perineum melunak sehingga mengurangi peregangan yang tidak mulus saat bersalin.

Pencegahan Terjadinya Robekan Vagina
source: https://verywell.com

Perawatan Robekan Vagina

Namun, jika saat melahirkan vagina Moms tetap mengalami robekan yang cukup membuat nyeri, Moms bisa merawat robekan dengan cara melakukan pengompresan dengan es batu pada area luka, berendam dengan air hangat, duduk beralaskan bantal, senam kegel, dan juga cukup istirahat. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Perawatan Robekan Vagina
source: https://www.thesun.co.uk