Saya akan melanjutkan Nitta Story sebelumnya (Bagian 1) mengenai Film Wonder yang tayang pada akhir tahun 2017.

Untuk moms yang belum sempat menonton filmnya dapat lihat ringkasan ceritanya pada Bagian 1 tulisan ini ya atau klik saja tautannya di sini.

Sebenarnya Film Wonder ini ceritanya diadaptasi dari novel best seller karya R.J. Palacio yang judul novelnya sama dengan judul ketika difilmkan dan film ini resmi dirilis di negara asalnya, yakni Amerika Serikat pada tanggal 17 November 2017.



Menurut saya film ini bagus sekali dan memiliki jalan cerita yang luar biasa serta dapat mengubah hidup maupun cara berpikir siapa pun yang menontonnya termasuk saya pribadi karena banyak sekali nilai-nilai kehidupan yang dapat dipelajari dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dari berbagai karakter tokoh yang terdapat dalam film ini.

Film ini dipenuhi kutipan-kutipan (quotes) yang menyejukkan hati, baik berupa nasihat maupun motivasi.

Saya sangat terinspirasi dan banyak belajar dari tokoh utama dalam film ini, yaitu Auggie. Meskipun anak ini lahir dengan kelainan wajah dan harus melakukan bedah plastik selama lebih dari dua puluh kali sampai ia sempat dikucilkan di sekolah barunya, namun ia mampu membuktikan bahwa dirinya sama seperti anak lainnya.

Memang awalnya Auggie selalu takut untuk pergi ke sekolah dan jika keluar rumah ia selalu menggunakan tutup kepala berbentuk helm astronot pemberian teman kakaknya agar orang lain di luar sana tidak dapat melihat kelainan pada wajahnya.



Menurut saya setiap penonton film ini pasti dapat merasakan bagaimana perjuangan Auggie yang dengan kondisinya berusaha agar mendapatkan tempat bagi dirinya sendiri di antara teman-teman maupun orang-orang di sekitarnya. Auggie ingin terlihat bahwa ia tidak tampak berbeda dengan teman-teman maupun orang-orang di sekitarnya bahkan keluarganya sendiri.

Sikap Auggie yang selalu berbuat baik dengan tulus terhadap setiap orang termasuk orang yang pernah menghina kondisi wajahnya, mengingatkan saya kembali untuk selalu berbuat baik meski sedang berada dalam kesulitan, meski terkadang kita mendapatkan penerimaan yang kurang baik dari orang lain.

Berkat dukungan keluarga tercinta, guru, dan beberapa teman baiknya, Auggie belajar bagaimana hidup menjadi seorang murid yang penuh keberanian dalam menghadapi tantangan dunia, berprestasi, disenangi, dan selalu bersikap baik pada siapa pun.



"Be kind for everyone is fighting a hard battle. Be kind."
-Auggie-

Sekali lagi, film ini mengagumkan untuk ditonton oleh siapa pun. Khusus untuk anak-anak seharusnya ya nonton film ini agar mereka dapat mengambil sisi positif dari diri Auggie dan teman-temannya bahwa berteman itu tidak melihat dari segi fisik, penampilan, maupun latar belakang keluarganya (bentuk wajah, warna kulit, postur tubuh, gaya berpakaian, gaya bicara, orang kaya atau bukan, orang berpendidikan atau bukan, dan lainnya) tetapi dari kebaikan dan ketulusan hati seseorang.

Film ini mengajarkan bagaimana berempati terhadap sesama, ikut merasakan jika kita berada dalam posisi Auggie yang memiliki kelainan wajah dan harus berjuang mengatasi situasi dan kondisi maupun perlakuan yang kurang ramah terhadap dirinya. Perjuangan Auggie untuk berani menghadapi dunia dan segala isinya.

Seseorang yang memiliki kriteria wajah tertentu bukan lah standar untuk dijadikan teman. Berteman bukan hanya dengan yang kondisi wajahnya terlihat normal saja melainkan berteman dengan berbagai segala kondisi seseorang. Berteman lah tanpa membeda-bedakan !



Bersambung...