1) Cepat Menyerah Memberikan ASI kepada Bayi


Kesalahan yang sering dilakukan orang tua baru yang pertama, terutama ibu adalah terlalu cepat menyerah dalam memberikan ASI kepada bayinya. Karena ASI sulit keluar, akhirnya lebih memilih memberikan susu formula. Padahal ASI diwajibkan diberikan selama 6 bulan, karena manfaatnya sudah terbukti bagi tumbuh-kembang bayi. Apabila kamu telah berusaha sekuat tenaga dan ASI-mu tetap sulit keluar, maka beralihlah ke donor ASI, dan hindari mengambil jalan pintas dengan memberi bayimu susu formula.

source: http://www.ehow.co.uk/about_4598063_many-do-burn-day-breastfeeding_.html


 

2) Tidak Enjoy Merawat Bayi


Ada beberapa ibu yang merasa tidak bahagia dan tidak menikmati dalam mengasuh bayinya. Ini disebabkan mereka mengalami sindrom baby blues. Jika kamu merasakan hal ini, maka segera 'melihat diri' dan bertanya apa yang sedang terjadi dengan dirimu. Jika benar mengalami baby blues, cari tahu cara menyembuhkannya. Kamu bisa sharing kepada suami, keluarga, psikolog dan sahabat di komunitas. Mereka pasti akan mendukungmu melalui itu semua.

source: http://www.huffingtonpost.co.uk/2015/03/24/mental-health-and-parenting-baby-blues-postnatal-depression-and-extreme-tiredness_n_7315962.html


 

baca juga

3) Merawat Bayi Sendirian


Bayi ada hasil pembuahan dari 2 orang yaitu istri dan suami. Oleh karenanya, kalian berdua wajib mengasuh bayi bersama-sama. Diskusikan dengan suami mengenai hal ini. Jika suami masih merasa takut memegang bayi karena masih ringkih, maka ladies bisa memandu dan menyemangatinya. Ada beberapa tugas yang bisa dilakukan suami, contohnya memandikan bayi, mengganti popok, menjemur bayi dan mengajaknnya berjalan-jalan.

source: https://www.rotunda.ie/en-gb/maternitycare/caringforbaby/athomewithbaby.aspx


 

4) Jarang Merawat Diri


Ladies, mengasuh bayi jangan menjadi alasan kamu enggak merawat diri yah! Perawatan itu penting lho. Selain tampil cantik, merawat diri juga bisa membuatmu lebih rileks. Kalau misalnya enggak sempat ke salon, kamu bisa melakukan treatment sederhana di rumah. Lakukan saat si kecil sedang tidur. Kalau kamu semakin cantik, maka suami pasti akan makin cinta.

source: http://www.debeautique.co.uk/treatments/mini-treatments/index.html


 

baca juga

5) Membanding-bandingkan Perkembangan Anak


Saat memiliki anak, banyak orangtua yang jadi kompetitif. Mereka kerap membandingkan tumbuh-kembang buah hatinya dengan anak orang lain. Padahal setiap anak punya kemampuan tumbuh-kembang yang berbeda-beda. So, hentikan kebiasaan membandingkan ini sekarang juga, karena yang tahu tentang tumbuh-kembang bayimu adalah dirimu sendiri.

source: http://www.jokesoftheday.net/joke/201005193