1. Jadwalkan Screen Time

Memang enggak mudah untuk serta-merta menghentikan kecanduan anak pada gadget. Reaksi Moms yang segera menghentikan sama sekali akses anak terhadap gadget tanpa kompromi dan penjelasan hanya akan membuat anak menjadi semakin tantrum dan semakin sulit melepaskan ketergantungan anak pada gadget. Jadi sebaiknya pelan-pelan saja, misalnya dengan membatasi screen time anak, dari yang semula 2 jam menjadi setengah jam saja dalam sehari. Moms juga sangat perlu untuk mendampingi anak saat screen time, jangan malah menyambi dengan pekerjaan lain. Dengan begitu, interaksi yang terjadi masih dua arah, yakni antara Moms dan anak.

1. Jadwalkan Screen Time
source: http://www.femalefirst.co.uk/parenting/parents-514971.html

2. Bermain Bersama Anak

Anak yang kecanduan gadget biasanya anak yang kekurangan aktivitas dan perhatian dari sekitarnya, maka mereka melampiaskan kebosanan dan kesepian itu dengan bermain dengan gadget. Untuk itu, Moms harus mengagendakan waktu untuk bermain dan beraktivitas bersama anak. Jangan sampai Moms melarang anak menggunakan gadget namun Moms tidak menyediakan aktivitas pengganti supaya anak mengalihkan perhatian dari gadget. Saat bermain dan beraktivitas bersama anak, Moms juga harus terlibat penuh sehingga anak-anak pun beranggapan bermain dengan Moms juga bisa seseru bahkan lebih seru daripada bermain dengan gadget.

2. Bermain Bersama Anak
source: http://www.theparentreport.com/2017/01/play-with-kids/
baca juga

3. Rapikan Manajemen Waktu

Mungkin Moms lebih sering "menitipkan" pengasuhan anak pada gadget karena merasa kekurangan waktu dalam mengerjakan pekerjaan lain. Misalnya, saat anak sudah bangun tidur dan butuh ditemani, Moms belum selesai memasak atau urusan domestik lain. Jadilah terpaksa gadget jadi "penyelamat" sebagai teman bermain anak. Kalau Moms ingin bisa total dalam membersamai anak bermain, maka pastikan seluruh pekerjaan Moms selesai sebelum anak bangun tidur. Begitu anak bangun, maka Moms sudah siap menemaninya bermain. Untuk itu, manajemen waktu Moms harus diperbaiki lagi. Bisa juga dengan membuat "kandang waktu" yang harus Mom tepati penerapannya.

3. Rapikan Manajemen Waktu
source: http://www.sheknows.com/living/articles/3029/need-more-time-time-management-tips

4. Ganti Gadget dengan Buku


Anak-anak fitrahnya suka belajar. Namun terlalu banyak berinteraksi dengan gadget akan membuat anak semakin malas untuk belajar, apalagi berinteraksi dengan buku. Buku menjadi objek yang sangat tidak menarik perhatian bagi anak. Untuk itu, Moms harus mengembalikan ketertarikan anak pada buku dengan mengurangi penggunaan gadget dan semakin sering mengajaknya untuk membaca buku bersama. Membaca buku bersama anak juga bisa meningkatkan kedekatan Moms dengan si kecil lho.
4. Ganti Gadget dengan Buku
source: http://www.hiskidslimerick.com/support_his_kids/scholastic_book_clubs
baca juga

5. Gadget Free Saat bersama Anak

Inilah tips yang paling penting, Moms. Saat Moms mengajak anak untuk mengurangi pemakaian gadget, atau bahkan gadget-free, Moms juga harus melakukannya. Jadi Moms juga enggak boleh sering-sering berinteraksi dengan gadget, terutama saat sedang bersama anak. Karena children see, children do. Kalau Moms pun belum bisa bebas dari kecanduan gadget, gimana bisa mengharapkan anak bebas gadget juga. Lebih seru lagi, Moms bisa membuat proyek gadget-free time di waktu-waktu berkumpul seluruh anggota keluarga. Kalau proyek ini bisa dijalankan seluruh anggota keluarga, dijamin enggak hanya si Moms dan si kecil yang bisa bebas kecanduan gadget, bahkan bonding keluarga pun semakin kuat.

5. Gadget Free Saat bersama Anak
source: http://family.lovetoknow.com/fun-family-outdoor-activities

Itulah 5 tips menghindarkan anak dari kecanduan gadget. Kuncinya, Moms terlebih dahulu yang mengurangi ketergantungan Moms terhadap gawai itu. Selamat mencoba Moms, semoga bermanfaat ya.