Pertama kali saya nonton film ini jujur karena iseng. Punya feeling kok pingin yaa nonton, coba ahh pasang (streaming-an), dan ternyata saya lihat pemainnya adalah Dev Patal, si slumdog millionare. Berarti ada india-india nya nih.

Film Lion ini diangkat dari sebuah kisah nyata seorang anak india bernama saroo. Seperti yang kita tau bahwa di India terdapat banyak sekali rakyat yang kekurangan. Saroo merupakan salah satu dari anak yang berada di keluarga menengah kebawah.

Saroo memiliki seorang kakak bernama guddu dan juga 2 orang adik. Ayah mereka sudah tidak ada sehingga guddu harus membantu ibunya mencari nafkah untuk keluarga. Singkat cerita, saroo yang ikut dengan gadoo mencari nafkah, lalu mereka terpisah. 

Saroo yang saat itu tidak tau keberadaan guddu dimana, naik kereta tanpa tujuan, berjalan, berlari sambil terus memanggil guddu. Akhirnya saroo tersesat dan dinyatakan hilang! Film ini sukses banget bikin mamaAcen nangis malem-malem, selain film go back couple ya HAHAHA

Saroo mengalami perjalanan yang panjang sampai pada akhirnya ia di adopsi oleh pasangan dari australia yang tidak bisa memiliki anak. Tidak hanya saroo, mereka juga mengadopsi santosh, anak india yang kehilangan orang tuanya.

Ketika saroo besar (dan diperankan sama Dev Patal si tampan) dia teringat akan keluarganya di india dan menceritakan kepada teman-teman kampusnya. Tapi ya namanya juga ilang masih kecil, ingatannya samar-samar gitu. Saroo cuma tau dia naik kereta 2 kali dari bengali. Seorang temannya menginformasikan mengenai google earth.

Scene-scene selanjutnya dipenuhi oleh pencarian saroo di google earth dan juga bagaimana dia menuangkan ingatan-ingatannya.

Film ini sangat mengajarkan saya bahwa koneksi antara ibu dan anak, juga antar keluarga tidak akan terputus meski lewat bathin. Bagaimana saroo yakin bahwa ibu kandungnya masih hidup. But he don’t know how to find her.

Di film ini juga mengajarkan bahwa kalau ingin berbuat baik tidak harus melihat siapa dan darimana kamu berasal. Terbukti bahwa pasangan australia memilih mengadopsi anak india yang mereka anggap lebih membutuhkan.

Diakhir cerita, saroo berhasil menemukan ibunya di kota yang sangat terpencil di india, tanpa ia melupakan ibu angkatnya yang sudah mengurusnya. Digambarkan juga bagaimana saroo yang sebenarnya saat bertemu dengan keluarganya. Indah dan haruuuu banget!!

Lion punya cerita yang simple, ngga banyak ngayal, alurnya maju mundur tapi ngena banget. Ada sedihnya, ada lucunya, ada keselnya. Tapi beneran bikin kita mikir bahwa ngga ada yang mustahil. Cocok untuk ditonton bersama keluarga.