Saat baru selesai mandi malem dengan santai (maklum, anak baru tidur moms), suami menunjukkan video ke saya. Video nya anak sd, lagi ditanyain soal lebam lebam yg ada ditubuh dan matanya. Yang ternyata itu dilakukan oleh mamanya sendiri dong 😭😭 duh saya miris banget deh dengernya. Langsung saya minta stop videonya ke suami. Karna saya ga tega beneran, apalagi skrg punya anak langsung kebayang aja anak sendiri 😭😭

Dulu, saat belum punya anak, saya punya tekad untuk membesarkan anak sebaik yg saya bisa. Dan ga akan saya lakukan yg jahat-jahat kedia, atau mendidik dengan cara memukul, mencubit, dll.

Saya tidak tau apakah semua moms, merasakan hal yg sama seperti saya atau tidak. Tp disini saya mau sharing kalau, kadang ibu yg punya anak bisa loh merasa jengkel dan sebal ke anak sendiri. Iya. Bahkan sampai melakukan hal hal yg irasional. 

Saat baru pulang dari rs, saya hanya berdua dengan suami mengurus anak di rumah kita berdua, walau ada mba yg bantu masak dan bersih bersih rumah ya. Saya pernah merasakan beberapa kali baby blues. Pasalnya sepele, cuman karna saya ga bisa menimang-nimang anak saya sampai tenang, tidak seperti kalau di gendong sama papanya, eyangkungnya, atau eyangtinya. Saya saat itu jadi merasa gagal jadi Ibu dan kesel sendiri. Alhamdulillah, saat itu suami memahami saya, lalu saya di encourage dan hatinya dibesarkan, lalu baby blues yg saya alami flew away. 

Apasih baby blues itu? Baby Blues adalah gangguan psikologis berupa sedih, cemas dan emosi meningkat yang dialami sekitar 50- 80% wanita setelah melahirkan khususnya bayi pertama. Dan bisa berefek menjadi Post Partum Syndrome jika tidak diatasi dengan cepat, dan menyebabkan Ibu tanpa sadar melakukan Child Abuse.

Baby blues itu ternyata nyata sekali moms. Mungkin untuk beberapa moms, hal ini gampang sekali di atasi, tp jangan pernah judge bahwa hal ini gampang dilalui. Maka dari itu, penting sekali untuk kita sebagai seorang Ibu, selalu terbuka ke Paksu, agar baby blues tidak berkelanjutan dan berefek child abuse. Karna child abuse itu sungguh lah menyedihkan. Mau nyalahin emak juga yaa kalo dia nya ada gangguan psikis, mau dikata apa coba?

Karna sejatinya seorang Ibu, tidak mungkin menyakiti anaknya. Tapi seorang Ibu perlu ada support system yang membuatnya berpikir waras selalu. So Moms, jangan ragu untuk sharing apapun ke orang yg kalian percaya ya. Because you are not alone! 💪🏻💪🏻

Happy Wednesday!

xoxo,
Ummu Mauza