Mentruasi

Waktu :  Meskipun siklus mentruasi ini bervariasi pada setiap perempuan, tapi pasti terjadi satu kali dalam satu siklus. Rata-rata perempuan mengalami mentruasi setiap 28 hari sekali.

Pola pendarahan yang dapat diprediksi :  Setiap perepuan memiliki pola pendarahan berbeda, meskipun demikian tetap bisa diprediksiBagi banyak wanita, periode bulanan dimulai dengan bercak ringan, menjadi lebih banyak selama satu atau dua hari, dan kemudian secara bertahap lebih ringan, berakhir dengan bercak.

Warna darah mentruasi biasanya merah : Warna darah mentruasi membantu membedakan flek dengan mentruasi.  Pada awal dan akhir  periode, flek mentruasi berwarna coklat dan ce[at mengering. Kemudian hari berikutnya, berwarna merah terang disertai gumpalan darah.

Waktu terjadinya mentruasi : Periode mentruasi normal biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Jika Moms mengalami ketidak seimbangan hormonal atau asalah kesehatan durasi mentruasi bisa lebih lama, atau pendek-pendek sepanjang bulan.

Perdarahan menstruasi sering disertai gejala lain: Perubahan mood, bentuk payudara atau sakit dibeberapa anggota tubuh bisa menjadi gejala awal mentruasi atau biasa disebut PMS.  Saat kamu mentruasi, perubahan hormon memicu gejala pre-mentruasi seperti pegal, sakit kepala, atau kram perut dari ringan sampai sangat sakit. 

Mentruasi
source: http://www.newhealthadvisor.com/images/1HT00663/difference%20between%20spotting%20and%20period.jpeg

Flek lain

Waktu yang tidak teratur : Kamu mungkin akan mengalami flek hari ini, kemudian hilang keesokan harinya, dan muncul lagi beberapa waktu kemudian bahkan untuk beberapa kasus, flek bisa muncul selama satu bulan penuh.

Pola pendarahan yang bisa saja diprediksi maupun tidak : Banyak hal yang bisa menjadi penyebab flek, salah satunya adalah kehamilan. Flek menjadi gejala awal bahwa pembuahan yang berlangsung di rahim kamu sukses, artinya kamu positif hamil. Flek seperti ini tidak dapat diprediksi kedatangan. Tapi jika flek itu disebabkan hal lain seperti ovulasi atau alat kb, kemungkinan kamu menandai hadirnya flek. 

Flek bisa disebabkan oleh luka dan diikuti gejala lainnya : Flek juga bisa disebabkan karena luka saat berhubungan badan atau karena luka pada organ dalam kamu. Kemungkinan luka ini menimbulkan rasa nyeri didaerah sekitar perut.

Warna : Biasanya flek berwarna coklat, merah muda atau merah terang (tergantung penyebab flek). Flek juga bisa berbau aneh (bukan amis layaknya darah mentruasi).

Terkait dengan penggunaan alat kontrasepsi  : Alat kontrasepsi seperti IUD maupun hormonal, dapat mengubah siklus pendararah kita sepanjang satu periode. Jumlah darah haid juga akan berubah dibandingkan saat sebelum kita menggunakan alat kontrasepsi. 

Flek lain
source: https://www.healthline.com/hlcmsresource/images/topic_centers/pregnancy/766x415_THUMBNAIL_Faint_Positive_Home_Pregnancy_Test.jpg