Penyebab Terjadinya Sandwich Generation

Sebenarnya, penyebab terjadinya sandwich generation pada rumah tangga usia menengah ini karena orangtua mereka tidak memiliki perencanaan hari tua yang matang, sehingga ketika usia senja itu datang, mereka menjadi pihak yang mengharapkan bantuan finansial dari anak-anaknya. Tidak ada yang salah untuk membantu orangtua, karena kewajiban anak adalah berbakti pada orangtua. Namun tidak seharusnya orangtua "membebankan" kehidupannya di hari tua di pundak anak-anak mereka, apalagi jika anak yang diharapkan masih harus pontang-panting memenuhi kebutuhan keluarganya. Belum lagi jika orangtua ternyata memiliki masalah kesehatan yang serius. Jadi sudah seharusnya setiap keluarga merencanakan kehidupan di hari tuanya masing-masing agar tidak saling menjadi beban.

Penyebab Terjadinya Sandwich Generation
source: https://www.thespruce.com

Kenyataan yang Harus Dihadapi Sandwich Generation

Memang tidak mudah menjadi sandwich generation. Di satu sisi, mereka harus memenuhi kebutuhan keluarga mereka, anak-anak yang membutuhkan semakin banyak biaya untuk pendidikan, namun di sisi lain juga masih harus memikirkan kedua orangtuanya yang tidak memiliki penghasilan lagi akibat tidak matangnya perencanaan keuangan di masa muda lalu. Bertahan dalam situasi yang cukup sulit ini memang membutuhkan kekuatan dan kesabaran yang lebih. Bahkan tidak jarang ada rumah tangga yang terpaksa hancur karena tidak tahan dengan "rongrongan" orang tua yang "membebani" keuangan rumah tangga itu. Dalam menghadapi ini, kekompakan suami istri adalah kunci utama mempertahankan keutuhan rumah tangga.

Kenyataan yang Harus Dihadapi Sandwich Generation
source: https://www.huffingtonpost.com/2014/10/01/in-law-advice_n_5911416.html
baca juga

Agar Anak-Anak Tidak Menjadi Sandwich Generation

Karena cukup berat menghadapi kenyataan sebagai sandwich generation, jangan sampai hal ini terjadi pada anak-anak Moms dan Dads. Cukuplah Moms dan Dads yang harus menghadapi kenyataan yang cukup tricky ini. Maka sebaiknya sedari muda, rencanakanlah kehidupan hari tua Moms dan Dads. Mungkin Moms dan Dads bisa membuka tabungan hari tua, berinvestasi dengan properti, atau mulai membuka bisnis yang sesuai passion sebagai cadangan pemasukan ketika masuk usia pensiun nanti. Intinya, jangan sampai anak-anak kita menjadi "korban" kecerobohan kita dalam mengatur keuangan saat ini ya, Moms dan Dads.

Agar Anak-Anak Tidak Menjadi Sandwich Generation
source: http://blog.planview.com/financial-planning-analysis-trends/