Ibu diharuskan memberikan ASI eksklusif kepada Si Kecil hingga ia berusia 6 bulan atau sampai Si Kecil menerima makanan pendamping ASI yang pertama (MPASI) agar tubuh kembang bayi berjalan dengan optimal. Karena hal itulah, banyak ibu menyusui yang memilih untuk tidak berpuasa karena takut sang buah hati tidak tercukupi asupan ASI-nya.
 
Memang apa hubungannya ibu menyusui dengan puasa? Umumnya, bayi mengisap ASI hingga 200 mililiter dalam sekai menyusu atau sebanyak itulah jumlah cairan yang akan keluar dari tubuh ibu. Coba kamu bayangkan, jika bayi menyusui lebih dari sepuluh kali. Karena itulah, ibu menyusui disarankan untuk banyak minum untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Seperti diketahui, dehidrasi dapat membahayakan kesehatan ibu. Sedangkan, berpuasa mengharuskan ibu tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Alasan itulah yang ditakutkan banyak ibu menyusui dan akhirnya memutuskan untuk tidak berpuasa.
 
Nah, buat ibu menyusui yang galau karena hal itu. Enggak perlu khawatir, berikut ini adalah tips puasa yang aman dan sehat untuk ibu menyusui:


 

1. Pompa ASI Semaksimal Mungkin Saat Malam Hari

Frekuensi bayi menyusu terbilang sering. Ia akan tiba-tiba terbangun saat malam hari karena haus atau sebentar-bentar menangis karena merasa haus. Karena itulah, jika sekiranya ASI ibu tidak terlalu banyak, usahakan untuk memompa ASI semaksimal mungkin saat malam hari atau setelah berbuka. Ibu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu memperbanyak ASI.

source: https://id.pinterest.com/pin/519039925787771044/


 

baca juga

2. Menjaga Nutrisi Makanan

Tips puasa lainnya adalah ibu diharuskan untuk menjaga nutrisi makanan agar kondisi tubuh tidak cepat drop dan yang terpenting agar ASI melimpah dan proses memberikan ASI kepada Si Kecil pun berjalan lancar. Karena itu, pentingnya ibu menjaga pola makan saat sahur dan berbuka dengan perbanyak makan sayur dan juga buah-buahan. Tetap menjaga pola makan yang sehat adalah hal yang sangat dianjurkan bagi ibu menyusui.

source: https://www.babycenter.com/0_diet-for-a-healthy-breastfeeding-mom_3565.bc


 

3. Perbanyak Asupan Cairan

Saat sahur perbanyaklah minum cairan, baik berupa air putih atau jus. Hal tersebut untuk mencegah ibu mengalami dehidrasi. Bahkan, para ahli menyarankan agar ibu perbanyak minum air putih dan asupan cairan tambahan lainnya sejak berbauka hingga sahur untuk memenuhi kekurangan cairan tubuh saat puasa.

source: https://skinnymom.com/my-i-quit-overeating-journey/


 

baca juga

4. Istirahat yang Cukup

Tubuh seringkali akan terasa lemas setelah ibu menyusui Si Kecil. Karena itulah, ibu diharuskan untuk istirahat yang cukup agar tidak cepat drop dan juga untuk memulihkan kondisi fisik maupun psikis, agar produksi ASI tetap baik dan lancar.

source: http://evolutionaryparenting.com/co-sleeping-is-bad-for-mom-not-so-fast/


 

5. Konsultasikan dengan Dokter

Walaupun ibu sangat ingin berpuasa. Namun, ada beberapa kondisi di mana ibu tidak diperbolehkan berpuasa. Daripada ibu memaksakan tetap berpuasa, namun justru membahayakan kesehatan ibu dan juga Si Kecil, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Apakah kondisi ibu diperbolehkan berpuasa atau tidak. Selain itu, dokter juga biasanya akan memberitahukan makanan yang boleh dan tidak dikonsumsi oleh ibu.

source: http://health.usnews.com/health-news/patient-advice/slideshows/10-questions-doctors-wish-their-patients-would-ask

Itulah tips puasa untuk ibu menyusui agar tetap aman dan sehat. Semoga membantu!