Banyak yang bilang "jangan memandikan bayi dengan air dingin" itu statement yang betul jika ditunjukan untuk bayi yang umurnya kurang dari 6 bulan. Kenapa umur 6 bulan waktu yang tepat untuk memandikan bayi dengan air dingin ? Karena umur 6 bulan merupakan umur yang dibilang sempurna untuk metabolisme tubuh bayi. Bila bayi telah menginjak umur 6 bulan atau lebih janganlah mom takut-takut untuk memandikan anak mom dengan air dingin. Banyak loh dampak positifnya bila memandikan anak mom dengan air dingin.



Memandikan anak mom dengan air dingin memberikan suasana baru pada anak. Untuk memperkenalkan anak mom dengan air dingin pun tak bisa langsung saja tapi sejak anak mom usianya 5 bulan bisa dengan air hangat yang bertahap dicampur dengan air dingin dan lama-lama lebih banyak air dinginnya daripada air hangatnya lalu menjadi air dingin semuanya. Hal itu dilakukan agar anak mom tidak kaget dengan air dingin.

Memberikan air dingin pada bayi yang umurnya sudah 6 bulan keatas akan berdampak baik pada anak mom. Mereka akan lebih berani, daya tahan tubuhnya akan lebih kuat, memberikan kesan riang pada anak mom dan memberikan kesegaran pada anak mom. Anak akan merasakan senang terhadap air dan akan bermain-main dengan air lebih lama.



Dengan dukungan neneknya Azka yang menyuruh Azka dimandikan dengan air dingin pada umur 6 bulan akhirnya bu'az memberanikan diri memandikan Azka dengan air dingin (sebelumnya sudah dengan air yang bertahap). Yang dipikirkan saat itu adalah pasti Azka akan nangis nih gak mau mandi tapi tenyata awalnya memang kaget tapi kelamaan dia sangat senang dan main-main air dan main mainan bebek-bebekkan didalam baknya. Ketika mau diangat Azka malahan nangis tidak mau berhenti main airnya. Diluar dugaan Azka akan berekspresi seperti itu. Tapi bila anak mom sedang kurang enak badan lebih baik dimandikan dengan air hangat kuku ya mom. Boleh dimandikan dengan air dingin lagi ketika sudah sehat kembali.

Jangan takut mamandikan anak mom dengan air dingin ya mom. Orang pada zaman dahulupun memandikan anaknya dengan air dingin bahkan disaat umur di bawah 6 bulan (sebaiknya jangan ditiru mom)😄