Gali Informasi Sebanyak yang Kamu Bisa
Agar dapat menyusui bayi kembar dengan baik, Beautynesian perlu menggali informasi sebanyak mungkin mengenai cara-cara menyusui bayi kembar selama masa kehamilanmu. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung lagi ketika bayi kembarmu lapar dan ingin disusui, ladies.
 

source: https://blog.flubit.com/must-read-books-new-expecting-parents/


Susui Sejak Lahir
Untuk kebaikan bayi kembarmu, sebaiknya Beautynesian mulai menyusui mereka sejak lahir agar mereka dapat mengonsumsi colostrum. Why? Karena cairan colostrum yang terdapat pada payudaramu mengandung antibody yang tinggi, lemak, dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi-bayi baru lahir.
 

source: https://www.tamba.org.uk/parenting/first-year/feeding
baca juga


Menggunakan Bantal Khusus
Tips menyusui bayi kembar yang berikutnya ialah menggunakan bantal khusus menyusui bayi kembar. Dengan menggunakan bantal satu ini, Beautynesian bisa menyusui si kembar sekaligus dengan lebih mudah lho! But yups, kamu tetap membutuhkan latihan atau percobaan beberapa kali untuk memperlancar kemampuan menyusui si kembar secara bersamaan. After bunch of trying, you’ll become expert, ladies!
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=s0zLu7dAUC4


Memompa Asimu Ke dalam Botol Susu
Kalau Beautynesian mengalami kesulitan atau merasa takut menyusui bayi kembarmu secara bersamaan, kamu bisa memompa ASI mu kedalam botol, lho. Dengan begitu, jika bayi kembarmu merasa lapar secara bersamaan, mereka bisa menikmati ASImu secara bersama-sama. Baik keduanya disusui dengan ASI dari botol, maupun yang satu meminum ASI dari botol sedangkan yang lainnya langsung dari payudaramu. It’s smart, right?
 

source: https://www.pinterest.com/pin/256283035016658379/
baca juga


Biarkan Kedua Bayimu Mengonsumsi ASI dari Kedua Payudaramu
Nah, ini juga sangat penting dalam menyusui bayi kembar, ladies. Dalam memberikan ASI pada bayimu kembarmu, Beautynesian perlu menyusui masing-masing bayi dengan payudara yang berbeda. Misalnya hari ini A menyusu di payudara kanan dan B menyusu di payudara kiri, sedangkan besok sebaliknya. Cara satu ini dapat membantu menyeimbangkan produksi ASI pada kedua payudaramu. Cara ini juga baik untuk sang bayi karena mereka tidak akan berbaring pada posisi yang sama setiap kali diberi makan. Tidak hanya itu, jika produksi ASI dari kedua payudaramu menjadi sama, bayi-bayimu juga akan mengonsumsi jumlah ASI yang sama, lho.
 

source: https://mom-kid.com/baby-care/how-do-you-manage-your-breast-breastfeeding-twins



Meminta Bantuan Orang Lain
Tips lainnya dalam menyusui bayi kembar ialah tidak ragu meminta bantuan orang lain. Menyusui bayi kembar pasti sangat sulit. Karena itu, jangan malu dan ragu untuk meminta bantuan orang lain, mulai dari pasanga, saudara, mertua, orangtua, teman, dan kerabat lain yang kamu percayai. Kamu bisa meminta bantuan mereka agar dapat menyusui kedua bayi kembarmu dengan mudah, ataupun meminta mereka menjaga sejenang bayi kembarmu. Bahkan, kamu bisa menceritakan kondisimu dan meminta saran yang tepat kepada pihak tertentu, agar kamu bisa terhindar dari rasa stress yang sangat mungkin dialami oleh ibu dengan bayi kecil.

source: https://mommychi.co.id/id/ViewArticle/353/seni-menyusui-bayi-kembar


Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Istirahat Cukup
Kamu harus selalu mengingat bahwa menyusui untuk bayi kembarmu. Oleh sebab itu, pastikan bahwa kamu mengonsumsi makanan yang bergizi dengan porsi yang cukup sebab hal ini akan sangat mempengaruhi produksi ASI-mu. Selain itu, kamu juga wajib memiliki waktu istirahat yang cukup agar tubuhmu tidak mudah jatuh sakit. Sebab, menyusui 1 bayi saja sudah sangat melelahkan, apalagi menyusui dan mengurus bayi kembar sekaligus?
 

source: http://www.scarymommy.com/being-a-stay-at-home-mom/


Ambil ‘Cuti’
Meski terdengar egois, kamu sangat wajib ‘cuti’ sejanak dari rutinitas mengurus dan menyusui bayi kembarmu. Hal ini diperlukan agar kamu bisa menjadi lebih rileks, mengendurkan saraf-saraf kamu yang tegang, serta menghibur dirimu untuk mencegah munculnya stress. Kamu bisa menonton film atau mendengarkan film favorit, berbelanja, bertemu dengan sahabat dan keluarga, karaoke, datang ke salon pijat dan spa, berendam, ataupun melakukan hal-hal lain yang kamu sukai. Cukup minta suami atau kerabatmu yang lain untuk menjaga bayi kembarmu sejenak, ketika kamu tengah menikmati cuti aka me time-mu. Jadikan ini kegiatan turin ya ladies, sehingga pikiranmu akan tetap positif ketika mengurus buah hati kembarmu. Yup, me-time is a must, even for a mom with twins!
 

source: http://foto.delfi.lv/picture/3615740/