Sangat Baik Untuk Kesehatan Fisik dan Intelektual Si Mungil

Menyusui bayi dengan ASI memiliki manfaat yang sangat positif bagi kesehatan fisik dan intelektual si kecil, lho. Nutrisi yang terkandung pada ASI akan membuat bayimu menjadi semakin sehat dengan sistem kekebalan tubuh yang lebih baik, sehingga potensi bayimu terkena penyakit yang disebakan virus atau bakteri, seperti pneumonia, demam, flu, dan penyakit alergi.

Pemberian ASI pada bayi juga bisa membuat sistem pencernaannya terlindungi, lebih sehat dan mampu bekerja dengan lebih baik, sehingga diare atau sakit perut akan jarang dialami oleh bayimu. Selain itu, ASI yang mengandung protein, lemak, vitamin, dan karbohidrat yang sesuai dengan kebutuhan bayi, akan membantu bayimu berkembang dan tumbuh dengan baik serta memiliki tulang yang lebih kuat.

Menyusui bayimu dengan ASI juga bisa meminimalisir risiko terjadinya SIDS (atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak) pada bayimu. Tak hanya itu, ASI juga memberikannya peluang untuk memiliki IQ dan kemampuan intelektual yang lebih tinggi dibandingkan bayi lain yang tidak mengonsumsi ASI.
 

source: http://www.healthnewsline.net/children-start-walking-early-likely-stronger-bones-study/2535398/


 



It’s Bonding Time

Menyusui bayi dapat menjadi sarana untuk saling mendekatkan diri dan membangun koneksi dengan bayimu, lho ladies! Ketika menyusui Si Kecil, pasti terjadi kontak langsung (kulit dengan kulit) antara kamu dengan bayimu, baik ketika kamu menggendong dan memeluk tubuh si kecil ataupun ketika mulutnya menghisap payudaramu dan kulit wajahnya bersentuhan dengan kulit dadamu.

Nah, kontak langsung inilah yang akan membuat kalian merasa lebih dekat dan intim satu dengan yang lain. Kamu juga bisa lebih memahami sifat dan tingkah laku bayimu, misalnya ekspresinya ketika senang ataupun saat sudah kenyang. Tidak hanya itu, menyusui si kecil dapat membangun hubungan positif yang kokoh antara ibu dengan anak, mulai dari sejak bayi hingga di masa mendatang.
 

source: https://www.pinterest.com/pin/453456256210636543/


 

baca juga



Ajang Menguruskan Tubuh Sang Ibu

Menyusui bayimu dapat membantumu mengurangi berat badan, lho! Perlu kamu ketahui, aktivitas menyusui dapat membakar kalorimu hingga 500 kalori per harinya dan mengurangi lemak-lemak di tubuhmu. Tentunya aktivitas satu ini akan semakin membantumu kembali ke ukuran tubuhmu sebelum hamil dan melahirkan, mengingat jumlah kalorimu yang terbakar selama menyusui dan mengurus bayi kecilmu. So yeah, if you miss your old jeans, start breastfeeding your baby, ladies!
 

source: http://www.trimmedandtoned.com/new-moms-weight-loss-transformations-losing-baby-weight/



Mengurangi Risiko Munculnya Penyakit Berbahaya

Manfaat menyusui bagi ibu dan bayi yang selanjutnya ialah mengurangi risiko munculya penyakit berbahaya, baik kepada si ibu maupun bayinya. Memberikan ASI kepada bayi dapat mengurangi risiko bayimu menderita kanker yang kerap terjadi pada anak-anak, serta mengurangi risiko munculnya kanker ovarium dan kanker payudara pada tubuh kamu, lho.
 
Selain itu, menyusui juga mengurangi risiko diabetes yang bisa menimbulkan kerusakan sistem saraf, ginjal, penglihatan, masalah kulit, serta  penyakit jantung, pada bayi dan ibunya. Untuk ibu yang tidak mengidap diabetes, ia dapat mengurangi risiko munculnya diabetes di masa mendatang, sedangkan untuk ibu yang mengidap diabetes, kebutuhan tubuhnya akan insulin dapat berkurang. Di sisi lain, menyusui dapat mengurangi risiko munculnya diabetes Tipe 1 dan 2 pada bayi mungilmu. Isn’t it awesome, ladies?
 

source: http://zeenews.india.com/news/health/health-news/fasting-reduces-breast-cancer-risk_1582433.html