Sebagai orangtua yang baru memiliki bayi pasti moms ingin melakukan yang terbaik ya untuk buah hati tercinta. Mulai dari aktifitas bayi dari bangun tidur hingga tidur lagi. Nah seperti yang kita ketahui bersama tidur pada bayi juga merupakan salah satu kebutuhan penting. Karena pada saat tidur bayi kita bisa mendapatkan perkembangan otak yang optimal dan baik. 

 Namun seiring berjalannya waktu, ternyata bayi moms tidak bisa tidur begitu saja dengan mudahnya. Ada saja ya gangguan yang datang, namun moms tentunya harus mengatasinya supaya bayi mendapat jam tidur yang maksimal. Biasanya mungkin moms akan menggendong bayi sebelum tidur, namun ini akan menguras tenaga. Apalagi kalau bayi harus selalu digendong dahulu sebelum tidur.

Nah berikut mommyasia.id akan berbagi tips untuk para moms cara menidurkan bayi tanpa harus digendong.
 

Menidurkan Bayi Tanpa Harus Digendong? Ternyata Bisa Moms!
source: http://cdn2.tstatic.net/

1. Pisahkan Kegiatan Menyusu dengan Tidur

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan membuat batasan antara kegiatan menyusu dengan kegiatan tidur. Ketika bayi bangun untuk pertama kali, maka berikan mereka ASI. Akan tetapi, bila ia masih terbangun karena lapar, maka tetap berikan mereka ASI sampai mereka kenyang. Pada intinya adalah jangan membiasakan memberi asi sambil tidur.

Akan tetapi pada saat si bayi mulai menampakan tanda mengantuk. Sebaiknya ajak bayi berjalan atau diayun daripada diberikan ASI hingga mereka tertidur. Poin penting dari langkah kali ini adalah memberikan pilihan pada bayi, selain menyusu, untuk bisa tidur kembali. Lakukan hal ini dengan berulang.

Kami ingatkan untuk metode ini sebaiknya dilakukan pada bayi yang berusia lebih besar. Jangan lakukan metode ini pada bayi yang baru lahir atau saat dalam masa growth spurt. Sebab mereka akan membutuhka ASI lebih banyak. Selain itu, anak-anak yang masih dalam tahapan masa pertumbuhan atau bayi yang baru lahir akan cenderung menjadi lebih mudah lapar. Untuk itu, langkah ini tidak diperkenankan diaplikasika pada mereka.

Dengan demikian, saat bayi moms masih terlalu kecil, maka mungkin moms harus memprioritaskan pekerjaan moms menjaga mereka dibandingkan mengurus rumah. Pekerjaan ini bisa moms kesampingkan atau minta bantuan orang lain yang moms percayai

baca juga

2. Tidurkan bayi di sebelah kita

Jika bayi sudah menunjukkan tanda-tanda kantuknya, seperti mengucek mata dan menguap maka waktunya moms untuk menidurkannya. Kalau biasanya moms menggendong si bayi hingga terlelap kali ini coba cara yang berbeda. Kali ini coba tidurkan bayi di sebelah moms, sembari menepuk-nepuk halus pantat atau punggung mereka. Pastikan supaya moms selalu berada di samping bsyi supaya mereka mau tertidur

2. Tidurkan bayi di sebelah kita
source: https://www.merries.co.id/

3. Hindari kontak mata dengannya

Moms bisa mencoba untuk meletakkan bayi di keranjang atau box bayi ketika mereka mulai mengantuk. Dan supaya mereka segera tidur, sebaiknya bunda hindari kontak mata dengan si bayi. Jangan malah moms mengajaknya bermain ya, sebisa mungkin cuekin buah hati. Hindari kontak mata sebisa mungkin supaya dia bisa tertidur ya moms.

baca juga

4. Memberikan wewangian yang lembut

Cara yang selanjutnya adalah dengan memberikan wewangian lembut di sekitar tempat tidur bayi atau box tidurnya. Moms bisa memberikan wewangian yang lembut seperti wangi dari minyak lavender yang moms teteskan pada selembar tissue dan letakkan di smaping tempat tidurnya. Sedikit saja ya moms, jangan terlalu banyak karena akan membuatnya pusing. Dengan begitu dia akan perlahan mengantuk tanpa moms harus menggendongnya.

5. Redupkan lampu kamar

Bayi sangat susah untuk tidur dengan cahaya ruangan yang terang. Jika moms menggendong mereka, di tempat yang terang sekalipun mungkin moms akan mencoba menutupi wajah mereka supaya mereka bisa tidur. Namun jika moms ingin mencoba untuk menidurkan bayi tanpa perlu digendong, cahaya merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan. Letakkan dia diatas box bayinya atau ranjang kemudian redupkan lampu, jika siang hari moms bisa memanfaatkan cahaya matahari saja dan mematikan lampu supaya redup.

6. Pastikan dia kenyang

Bayi tidak akan bisa tertidur jika ia merasa lapar, entah moms mencoba menidurkannya dengan digendong atau tidak. Oleh karena itu sebelum moms mencoba menidurkannya tanpa digendong, moms harus memastikan jika si bayi memang sudah kenyang. Oleh karena itu sebaiknya moms memberi asupan ASI secara rutin supaya dia merasa kenyang selalu. Sehingga ketika moms meletakkan buah hati kesayangan di atas ranjang atau box tidurnya dia akan mudah tertidur dengan sendirinya.