Meranjak anak yang usia mulai 1+ wajib memberikan susu formula atau susu tambahan lainnya untuk anak mom. Agar kandungan nutrisi dari si anak tetap terpenuhi dari susu.



Pada umumnya cara membuat susu formula tentulah para mom sudah mengetahuinya. Dari rebusan air mendidir yang didiamkan 15-20 menit sampai suhunya menurun namun suhu tetap diatas 70°C lalu dimasukkan ke dalam botol atau gelas lalu masukkan takaran susu formulanya lalu kocok atau aduk hingga merata baru ditambah air dingin. Tapi dengan perkembangan zaman yang telah maju kadang para mom menginginkan sesuatu yang simple dan mudah dengan cara membuatkan susu formula untuk anaknya membuatkan dari air hangat di dispenser.



Air hangat dari dispenser dapat berbahaya untuk menyeduh susu formula. Mengapa berbahaya ? Karena air dispenser suhunya tidak lebih dari 70°C sehingga bila menyeduh susu formula dari air hangat dispenser dapat menyebabkan anak mom sakit. Susu formula merupakan susu yang tidak steril. Susu formula dapat disterilkan dengan air panas dengan air yang suhunya lebih dari 70°C. Bila mom menyeduh susu formula dengan air hangat dari dispenser bisa jadi susu yang mom buat belum steril dan masih memungkinkan adanya bakteri-bakteri jahat yang belum mati dalam susu formula yang mom buat. Akibat dari bakteri-bakteri jahat yang tidak mati dari susu formula tersebut dapat menyerang imun anak mom dan anak mom dapat terjatuh sakit.



Untuk itu untuk mengantisipasinya janganlah lagi menyeduh susu formula dari air panas dispenser. Lebih aman dan higenis dari air rebusan dari panci yang mom masak langsung dibandingkan dari dispenser. Memang lebih repot mengerjakannya tapi bukanlah kesehatan anak mom lebih penting. Jadilah mom yang respek dari hal yang kecil karena anak mom butuh yang terbaik 😊

Sumber : http://www.tipsanakbayi.com/2015/06/bahaya-susu-formula-bayi-diseduh-air-dispenser.html