1. Batasi Informasi di Media Sosial
Sebenarnya sah-sah saja jika Moms ingin mengunggah foto serta kegiatan Moms dan buah hati di media sosial. Namun, Moms juga perlu bijaksana dalam melakukannya. Ketahui batasan-batasannya ya, Moms. Informasi mengenai jadwal kegiatan rutin harian, alamat tempat tinggal, nama sekolah dan kelas buah hati serta kekayaan pribadi sebaiknya tidak diunggah ke media sosial. Walaupun media sosial Moms berisikan kerabat dan kawan yang seluruhnya Moms kenal, ingatlah Moms, pelaku tindakan penculikan bisa berasal dari lingkungan terdekat kita.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan
source: https://www.huffingtonpost.com

2. Batasi Informasi tentang Anggota Keluarga
Pernahkah Moms melihat kaca mobil yang ditempeli stiker anggota keluarga? Stikernya berbentuk karakter ayah, ibu, dan seluruh anak yang ada dalam keluarga tersebut. Seringkali juga stiker ini lengkap dengan gambaran profesi pada tiap karakter dan masing-masing diberi nama. Sadarkah Moms bahwa menempel stiker ini di kaca mobil berarti mengumumkan kepada umum jumlah anggota keluarga, nama, serta informasi profesi masing-masing? Informasi seperti ini amat bisa dijadikan bahan pelaku kriminal untuk tindak penculikan, Moms.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan
source: http://www.familystickers.com
baca juga

3. Kumpulkan Data Identitas Orang yang Bekerja di Rumah
Jangan mempekerjakan orang sembarangan di rumah ya, Moms. Terlalu mudah percaya dengan orang asing yang berada di lingkungan tempat tinggal juga bisa menjadi bumerang. Kumpulkan data identitas seluruh orang yang bekerja di tempat tinggal Moms dengan meminta salinan KTP, Kartu Keluarga, serta fotolah wajahnya dan simpan baik-baik di handphone Moms. Lakukan hal ini kepada asisten rumah tangga, supir pribadi, hingga petugas keamanan, baik yang menginap atau tidak menginap di tempat tinggal Moms, ya.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan
source: https://www.dailytelegraph.com.au

4. Ajarkan Buah Hati Bersikap pada Orang Asing
Ajarkan kepada buah hati Moms untuk berhati-hati dengan ajakan atau sapaan dari orang asing. Seberapapun ramahnya orang tersebut, apapun yang dikatakan orang tersebut, buah hati Moms tidak boleh begitu saja terpancing. Kenalkan juga buah hati pada anggota keluarga yang sedang bertandang ke rumah, serta kawan-kawan baik Moms dan suami. Pastikan buah hati Moms mengenal betul wajah dari orang-orang yang sering ada di keseharian Moms.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan
source: https://www.huffingtonpost.com
baca juga

5. Pastikan Buah Hati Mengetahui Identitas Dirinya
Sejak usia amat dini, ajak buah hati untuk menghafal nama lengkap dan nama panggilannya sendiri. Setelah buah hati Moms menguasai namanya, pastikan ia hafal tanggal lahirnya. Kemudian, yang amat penting, yakni menghafal nama lengkap ayah dan ibunya. Bukan hanya agar terlihat pintar, Moms. Percayalah, informasi identitas diri yang buah hati Moms hafal itu akan banyak manfaatnya, misalnya saat terpisah dari Moms di pusat perbelanjaan.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan
source: https://akamaized.net

6. Pastikan Buah Hati Hafal Alamat Tempat Tinggal
Ajari buah hati untuk mengenal dan menghafal alamat tempat tinggalnya sendiri. Selain itu, pastikan juga buah hati Moms hafal rute menuju tempat tinggal setelah bepergian dari supermarket, sekolah, dan tempat-tempat lainnya yang sering ia singgahi bersama Moms. Biasakan mengambil rute jalan yang berbeda-beda sehingga buah hati Moms menguasai betul berbagai rute jalan menuju tempat tinggal.
 

Moms, Ini Caranya Lindungi Anak dari Penculikan