Bisa Siapa Saja

Pelaku pedofilia tidak menampakkan ciri tertentu. Bisa saja wanita, pria, dari latar belakang pendidikan rendah atau tinggi, hingga berbagai profesi. Jangan pernah membayangkan pelaku pedofilia tampil dengan pakaian yang seram, orang yang tertutup, serta berkelakuan aneh. Malah seringkali pelaku pedofilia dikenal sebagai orang yang memiliki reputasi baik di kalangan lingkungan sekitarnya. Dan sebagai catatan, Moms, pelaku pedofilia juga seringkali bukan datang dari orang asing. Banyak kasus pedofilia yang pelakunya justru berasal dari anggota keluarga atau orang yang dikenal dekat oleh keluarga korban.
 

Moms, Kenali Pedofilia untuk Hindari Bahayanya

Mudah Akrab dengan Anak

Kebanyakan pelaku kasus pedofilia menunjukkan sikap yang amat bersahabat pada anak kecil. Sikap dan karakternya ini juga membuatnya mudah akrab dengan anak kecil, bahkan anak yang baru dikenal atau yang karakternya sulit sekalipun. Lho, kok terdengar seperti karakter pengasuh anak, ya? Namun, Moms tak perlu paranoid dulu. Waspada boleh, namun jangan sampai mencurigai setiap orang yang bersikap ramah dan akrab dengan buah hati. Awasi para orang dewasa yang berinteraksi dengan buah hati Moms, ya.
 

Moms, Kenali Pedofilia untuk Hindari Bahayanya
baca juga

Gunakan Bantuan Teknologi

Jika Moms terpaksa meninggalkan buah hati di tempat tinggal bersama pengasuh, baik dari orang asing maupun dari kalangan keluarga, sebaiknya memasang kamera kecil atau nanny cam di setiap sudut tempat tinggal. Dengan demikian, Moms tetap dapat selalu mengawasi kegiatan buah hati bersama pengasuhnya. Selain itu, ajari juga buah hati untuk menggunakan internet secara aman. Dalam artian tidak mudah terpancing untuk berinteraksi secara online dengan orang-orang asing serta tidak bermain internet tanpa pengawasan Moms dan Dads.
 

Moms, Kenali Pedofilia untuk Hindari Bahayanya