1) Siapkan Fisik dan Mental yang Kuat karena Mengurus Bayi Itu Tidaklah Mudah

Kalau selama ini kamu hanya mengurus suami, dengan kehadiran bayi, maka orang yang kamu urus dan rawat pun jadi bertambah, dan tentunya itu akan menguras banyak energimu. Oleh karenanya, siapkan fisikmu agar tetap sehat dan kuat. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga. Yang tak kalah penting dilakukan sebagai persiapan menjadi orangtua baru adalah kamu juga perlu mempersiapkan mental. Mengurus bayi akan membuat mood kamu mudah naik-turun dan stres. Berlatihlah merelaksasikan pikiran dari sekarang untuk meminimalisir tekanan dan stres yang mungkin kamu rasakan nantinya.

source: https://www.babycenter.com/0_great-pregnancy-exercise-weight-training_7878.bc

 
baca juga

2) Mencari Informasi Seputar Perawatan Bayi

Persiapan menjadi orangtua baru selanjutnya adalah dengan banyak menambah ilmu dan informasi seputar bagaimana merawat bayi. Informasi ini bisa kamu dapatkan dengan membaca buku, browsing internet, konsultasi expert, bertanya kepada orangtua dan sahabat yang sudah berpengalaman dan mengikuti seminar. Hal-hal yang kamu dapatkan itu, nantinya akan sangat berguna kamu aplikasikan jika si bayi sudah lahir.
source: https://www.parenthub.com.au/getting-pregnant/choose-pregnancy-books/

 

3) Berlatih Merawat Bayi

Setelah mendapatkan ilmu dan informasi seputar perawatan bayi, ada baiknya kamu melatih skillmu terlebih dahulu. Keahlian itu seperti cara menggendong bayi yang benar maupun mengganti popok. Setelah bayi lahir, kamu sudah punya keahlian dasar dan tinggal eksekusinya saja.

source: http://www.lilblueboo.com/2011/07/vinyl-tablecloth-roll-up-diaper-changer-a-tutorial-and-download.html


 

baca juga

4) Membeli Perlengkapan Bayi

Dari semua persiapan di atas, hal inilah yang paling menyenangkan dilakukan terutama bagi kamu yang suka belanja. Sebelum melahirkan ada baiknya kamu dan suami, menyiapkan perlengkapan dasar bayi terlebih dahulu. Agar nanti setelah lahir bayi lahir, kamu lebih fokus pada proses pemulihan dan tidak memikirkan soal belanja kebutuhan bayi. Tak perlu membeli terlalu banyak, cukup perlengkapan dasarnya saja, seperti popok, baju dan celana, kaus kaki, perawatan kulit, dan sebagainya

source: https://www.thebalance.com/free-baby-stuff-1356466

Good luck!