Sebagai salah satu kebutuhan pokok bayi, popok memang tak pernah absen dari daftar belanjaan kebutuhan bayi ya moms. Dengan banyak merek dan jenis pasti membuat para moms ingin mencoba untuk mencari yang tebaik untuk si buah hati. Jenis popok pon ada macam-macam, popok kain , popok sekali pakai (pospak), bahkan kini hadir variasi popok kain terbaru yaitu cloth diaper atau yang biasa disebut dengan popok clodi.

Popok clodi sendiri merupakan jenis popok kain yang telah mengalami inovasi hingga menyerupai celana. Jadi, dari penampakannya seperti popok sekali pakai namun popok bayi ini bisa dicuci berulang kali. 
 
Moms Mari Cari Tau Tentang Popok Clodi, Yuk!
source: http://1.bp.blogspot.com

Berbeda dengan popok kain biasa, popok kain biasa tentu saat bayi bak (buang air kecil) atau bab (buang air besar) satu kali saja pasti akan langsung basah dan tak jarang mengotori baju. Sehingga setiap bak dan bab bayi harus ganti baju juga. Itu karena popok kain memang hanya memiliki kemampuan menyerap yang sangat sedikit hingga sudah dipastikan saat bayi pipis akan langsung bocor. 

Moms Mari Cari Tau Tentang Popok Clodi, Yuk!
source: http://d1a93tmhdolgw4.cloudfront.net
baca juga

Berbeda dengan clodi, karena didesain khusus menyerupai popok sekali pakai (pospak) makan penggunaan clodi bisa menjadi alternatif pilihan untuk moms yang tidak ingin anaknya menggunakan pospak. 

Istilah clodi sepertinya lebih khusus untuk penyebutan cloth diapers yaitu popok kain modern, yang di buat dari bahan khusus yang telah ada lapisan anti tembusnya atau bahasa kerennya PUL (polyurethan laminate). Bahan ini sifatnya waterproof namun tetap breathable atau tetap kering meski volume pipis telah penuh. Biasanya di pakai untuk lapisan luar dari clodi. PUL ini juga performa luarnya bervariasi ada yang polos ada juga yang bermotif lucu2, ada juga yang minky atau beludru. Jadi meski menampung pipis d dalamnya tp  tetap bisa gaya dengan berbagai warna dan motif yang keren, anti bocor dan nyaman di pakai. Selain itu lapisan dalam clodi yang menempel pada kulit bayi atau yang biasa di sebut inner clodi, juga telah menggunakan bahan yang nyaman.

Moms Mari Cari Tau Tentang Popok Clodi, Yuk!
source: https://jualclodi.files.wordpress.com

Biasanya yang d gunakan sebagai inner adalah bahan2 kain yang namanya fleece, suedecloth, atau bamboo. Nah yang terakhir itu berasal dari serat bambu yang hipoalergi juga antibakteri, jadi sangat cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Inner clodi sendiri bahannya sangat lembut & bersifat meneruskan cairan namun cairan tidak dapat kembali keluar sehingga kulit bayi tetap kering & tidak menyebabkan ruam. Jadi pake clodi dapat jadi solusi juga bagi bayi yang kulitnya sensitif dan mengurangi resiko  terjadinya    diaper rash (ruam akibat penggunaan popok terutama popok sekali pakai).

Jadi gimana moms? Semoga bisa menambah informasi moms yang masih bingung dalam menentukan pilihan popok untuk bayi moms.