To be honest mom, mungkin untuk sebagian orang saya adalah ibu yang payah. Saya memperbolehkan arsen untuk bermain gadget, even setiap hari.

Menurut saya, membesarkan anak di generasi sekarang ini sangat sulit kalau tidak diperkenalkan dengan gadget. Nanti ketika mereka sekolah pun, ngga mungkin sekolahnya ngga pake gadget. 

Saya sudah memperkenalkan arsen dengan smartphone, tablet dan laptop. Dan diumur arsen yang baru 17 bulan, rasa keingintahuannya sangat besar. Bahkan kalau didepan laptop, dia meniru saya dan papanya dengan pencet-pencet keyboard nya HAHAHAHA.

Arsen juga sudah tau yang mana youtube pada menu smartphone. Dan jangan ditanya, tayangannya juga dia geser sendiri sissss milih-milih.

Bagi saya gadget bukanlah hal yang harus dihindari. Tapi seharusnya DIDAMPINGI. Ketika anak bermain gadget, kita harus berada disampingnya, agar semua kegiatan mereka ter-screening oleh kita. Saya hanya memberikan arsen untuk nonton youtube dan bermain beberapa games edukasi, terkadang foto selfie sendiri dengan kamera. Cukup 3 itu saja menurut saya. 

Selain itu kita juga JADWALKAN, jangan seenaknya menggunakan gadget. Saya biasanya hanya memberikan arsen smartphone atau table 30 menit, lalu dia bosan sendiri dan minta nenen. Kadang kurang dari 30 menit sudah bosan. Kalau memang dari awal sudah dijadwalkan seperti itu, kita sebagai orang tua juga harus konsisten, no excuss.

Tidak bisa dipungkiri bahwa gadget membuat anak menjadi lebih pintar as long as kita sebagai orang tua atau mungkin orang-orang yang lebih tua lainnya bisa mendampingi anak saat bermain. Jangan menjauhkan anak dari teknologi yang nantinya akan semakin berkembang, karena anak zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman kita waktu kecil hehehehe