1) Gendong Bayimu Setelah Kamu Merasa Cukup Pulih

Jangan memaksakan diri untuk langsung menggendong bayimu pasca operasi caesar yah, mommies! Karena hal ini dapat memengaruhi luka bekas jahitan yang ada di perutmu. Untuk bonding, dalam keadaan berbaring letakkan bayimu di atas dada (skin to skin). Nah, jika bekas lukamu sudah tidak terlalu nyeri dan telah diizinkan dokter, maka kamu sudah bisa menggendong bayimu. Tingkat kepulihan setiap ibu berbeda-beda, sehingga tidak ada penentuan waktu yang tepat menggendong bayi pasca operasi Caesar.

source: http://www.muhealth.org/locations/womens-and-childrens/womens/family-birth-center/


 

2) Gendong dengan Posisi Berbaring atau Duduk

Tips menggendong bayi setelah operasi Caesar berikutnya adalah cari tahu posisi yang tepat dan tidak menggesek bagian perut tempat luka operasi berada. Kamu bisa memilih posisi sambil berbaring atau duduk. Apabila tak kuat, mintalah bantuan suami atau orang terdekat untuk menopang bayimu. Jangan terlalu memaksakan diri dan lebih utamakan kepulihanmu terlebih dahulu. Jika kamu pulih dengan cepat, maka akan lebih cepat pula kamu bisa menggendong bayimu.
 

source: https://www.breastfeedingbasics.com/articles/breastfeeding-after-a-cesarean


 

baca juga

3) Hindari Menggendong Bayi Terlalu Lama

Meski kamu sangat menikmati menimang bayimu, tapi jangan melakukannya terlalu lama yah, mommies! Karena kalau terlalu lama mengangkat bayi, dapat menimbulkan kram dan mungkin rasa nyeri di bagian luka operasi.
 
 
 
 

source: http://www.telegraph.co.uk/women/mother-tongue/11376296/Sex-after-birth-Caesarean-could-ruin-your-sex-life.html


 

4) Harus Ada Orang Lain di Dekatmu Saat Menggendong Bayi

Jika kondisimu masih belum pulih, dan sangat ingin menggendong bayimu, maka minta bantuan suami atau anggota keluarga yang lain untuk membawa bayi kepadamu. Jangan sekali-kali menggendongnya jika tidak ada orang lain di dekatmu yah. Soalnya, jika kamu capek dan tak kuat lagi menggendongnya, kamu akan kesulitan mengembalikannya ke tempat semula. Rasa sakit di bagian bekas operasi pun akan menjadi lebih nyeri akibat terlalu banyak bergerak.

source: http://www.dailymail.co.uk/news/article-2692803/Caught-camera-unique-moments-tension-excitement-growing-love-adopted-baby-joins-family.html