Menjaga kesehatan bayi merupakan prioritas utama para Ibu. Seperti yang Moms tahu, bayi sangat rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Karena itu, tentunya para Ibu akan melakukan apa saja untuk melindungi Si Kecil dari virus, bakteri, dan bahaya dari luar yang dapat menyebabkan bayi sakit. Salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan botol susu dan dot bayi agar selalu higienis.

Untuk menjaga botol susu dan dot bayi tetap higienis, tentunya diperlukan teknik khusus untuk membersihkannya, dan tidak boleh disamakan dengan perlatan makan lainnya. Nah, berikut ini adalah cara mencuci botol susu dan dot bayi yang benar agar tetap steril dan higienis.


Cuci Tangan dengan Sabun
source: https://www.statefarm.com

Sebelum mulai mencuci botol susu dan dot bayi, cuci tanganmu terlebih dahulu menggunakan sabun. Banyak Ibu yang melewatkan step ini, padahal membersihkan tangan dengan sabun sangat bagus untuk mencegah penyebaran bakteri dari tangan.

baca juga

Copot Satu Persatu Bagian Botol
source: https://www.aliexpress.com/

Jika tanganmu sudah bersih, lepaskan seluruh bagian botol susu dan dot bayi satu per satu untuk memudahkan proses pencucian. Kemudian, tuangkan cairan pembersih khusus untuk peralatan bayi ke seluruh bagian botol tersebut, mulai dari botol, dot, hingga tutup botol, dan tuangkan sedikit air. Daripada menuangkan cairan pembersih di atas spons atau sikat pembersih, lebih baik menuangkannya langsung pada seluruh bagian botol, Moms.


Mulai Bersihkan dari Bagian Bawah Botol
source: http://twentysix.ru/

Bagian pertama yang perlu Moms cuci adalah bagian bawah botol tempat menyimpan susu. Bersihkan bagian dasar botol menggunakan sikat berbulu halus dengan gerakan memutar. Kemudian, bersihkan bagian sisi botol dengan gerakan naik-turun. Pastikan Moms sudah menjangkau semua bagian botol agar tidak ada bekas susu yang tersisa.

baca juga

Lanjut Bersihkan Bagian Dot
source: https://www.livestrong.com

Jika Moms sudah selesai membersihkan botol susu, lanjut bersihkan bagian dot. Untuk membersihkan dot sebaiknya gunakan sikat kecil agar bisa menjangkau seluruh bagian dot, termasuk bagian ujung dalam dot yang seringkali tidak dibersihkan. Bersihkan dot yang telah diberikan cairan pembersih mulai dari bagian pergelangannya, hingga bagian ujung dalam dot. Sekali lagi pastikan tidak ada sisa susu yang tertinggal karena dapat menimbulkan bakteri dan jamur.


Cuci Bagian Tutup Botol Susu
source: https://www.nhs.uk/

Selanjutnya, Moms juga perlu membersihkan bagian tutup botol dot. Untuk membersihkan tutup botol susu ini Moms bisa menggunakan spons khusus yang tidak dipergunakan untuk mencuci peralatan makan lainnya. Bersihkan bagian dalam dan luar tutup botol susu hingga bersih, dan jangan lupa juga untuk membersihkan bagian luar badan botol.
 


Bilas Menggunakan Air Mengalir
source: https://thewirecutter.com/

Bilas seluruh bagian botol susu dan dot bayi yang sudah dibersihkan menggunakan air mengalir. Jangan membilas botol yang sudah dicuci dengan merendamnya ke air di dalam wadah ya Moms karena hal ini bisa menyebabkan kotoran dan bakteri menempel kembali di botol.


Sterilkan dan Keringkan
Terakhir, sterilkan botol susu dan dot bayi agar terbebas dari kuman dan bakteri. Biasanya botol susu dan dot bayi disterilkan dengan cara merendamnya di dalam air mendidih selama 15 menit, dan kemudian dikeringkan menggunakan lap bersih. Tapi, cara tradisional ini sebenarnya tidak praktis dan kurang higienis karena botol bisa saja tercemar kembali bakteri jika Moms terlalu lama merendam botol susunya atau ketika mengeringkannya menggunakan lap.
 

                                                            Panasonic Dryer D-Sterile FD-S03S1

Karena itu, alat seperti Panasonic Dish Dryer D-Sterile bisa menjadi solusi terbaik karena selain bisa mengeringkan, tetapi juga dapat membunuh kuman, jamur, dan bakteri di dalam botol susu dan dot bayi. Panasonic D-Sterile ini mampu melumpuhkan kuman, jamur, dan bakteri yang sering terdapat pada alat makan dengan memanaskannya hingga suhu 70 derajat celcius. Bakteri seperti E-Coli dan Staphylococcus aureus yang biasa menyebabkan diare, demam, keracunan makanan pada bayi telah teruji dapat dilumpuhkan dengan Panasonic D-Sterile. Jadi, alat ini bisa menjaga botol susu dan dot bayi agar tetap higienis dan steril ketika digunakan Si Kecil.