Puree Pisang untuk MPASI


source: https://www.mouthsofmums.com.au/

Buah pisang kaya akan serat dan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang bayi, seperti vitamin A, fosfor, asam folat, dan kalsium. Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna juga membuat buah pisang cocok digunakan sebagai menu MPASI untuk bayi usia 6 bulan. Moms bisa menghaluskan buah pisang menjadi bubur dengan menggunakan blender, atau mengeruknya sedikit demi sedikit dengan menggunakan sendok. Jika Moms merasa teksturnya terlalu padat, tambahkan sedikit air atau ASI agar teksturnya lebih cair.


Bubur Susu untuk MPASI


source: http://mummysyum.com/

Selanjutnya, Moms bisa mencoba resep bubur susu sebagai variasi menu MPASI untuk Si Kecil. Daripada membeli bubur susu kemasan, lebih baik Moms membuatnya sendiri di rumah agar lebih sehat dan terjaga kebersihannya. Moms hanya perlu mencampur tepung beras merah dan susu, dan merebusnya hingga mendidih dan teksturnya berubah menjadi lebih pekat. Tapi, pastikan jika teksturnya masih cukup cair ya Moms agar lebih mudah dicerna Si Kecil. Untuk menambahkan rasa, Moms bisa menambahkan pisang yang sudah dihaluskan atau perasan air jeruk.

baca juga


Bubur Tim untuk MPASI


source: http://vitasi.net/

Ini dia menu MPASI terfavorit para Ibu. Yes, selain mudah untuk dibuat, bubur tim juga kaya akan vitamin dan protein dari sayuran dan daging yang baik untuk Si Kecil. Untuk membuatnya, rebuslah beras di dalam air kaldu hingga teksturnya menjadi lembut, dan tambahkan sayuran seperti bayam dan wortel. Lalu, tambahkan juga protein seperti daging sapi atau ayam yang sudah direbus dan lunak. Setelah bubur matang, haluskan bubur menggunakan blender hingga seluruh sayuran, nasi, dan daging benar-benar halus.


Bubur Pepaya untuk MPASI


source: http://www.mirror.co.uk/

Sama seperti buah pisang, buah papaya juga memiliki tekstur yang lembut dan bagus untuk dijadikan menu pendamping ASI bayi 6 bulan. Buah pepaya ini mengandung enzim papain yang dapat melancarkan proses pencernaan, serta zat besi dan asam folat yang baik untuk merangsang perkembangan otak Si Kecil. Belum lagi, kandungan kalsium dan zinc di dalam buah pepaya yang dapat menjaga kesehatan tulang. Haluskan buah pepaya menggunakan blender dan berikan air atau ASI untuk membuat teksturnya lebih encer.

baca juga


Bubur Alpukat


source: http://vitasi.net/
Terakhir, bubur alpukat juga bisa menjadi salah satu menu kreasi MPASI agar menu Si Kecil lebih bervariasi. Haluskan buah alpukat yang matang dengan blender dan campurkan dengan air atau ASI agar teksturnya cair. Buah alpukat ini sangat baik untuk Si Kecil karena mengandung vitamin A, C, kalsium, dan magnesium yang dapat menunjang daya tahan tubuh dan kemampuan motorik bayi.

Nah Moms, itu dia lima kreasi menu MPASI yang cocok untuk bayi usia 6 bulan. Pastikan jika menu MPASI-nya masih berbentuk cair ya agar sistem pencernaan bayi dapat menyesuaikan diri terlebih dahulu. Kemudian, pastikan juga kalau peralatan makan yang digunakan Si Kecil selalu bersih dan steril dari bakteri. Bayi memang rentan terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri di sekitarnya, termasuk dari peralatan makan. Karena itu, pastikan untuk selalu mencuci peralatan makan bayi hingga bersih menggunakan sabun khusus untuk peralatan makan bayi, dan mensterilkan peralatan makan setelahnya. Kalau Moms merasa mensterilkan peralatan makan bayi itu merepotkan karena harus merendamnya di dalam air panas terlebih dulu, Moms bisa menggunakan alat seperti Panasonic Dish Dryer D-Sterile.

                                                           Panasonic Dryer D-Sterile FD-S03S1

Alat pengering ini dapat mensterilkan peralatan makan dan membunuh bakteri, jamur, dan kuman dengan suhu hingga 70 derajat celcius. Panasonic D-Sterile ini sudah teruji dapat melumpuhkan bakteri seperti E-Coli dan Staphylococcus aureus yang bisa menjadi penyebab diare, demam, dan keracunan makanan pada bayi. Jadi, Panasonic D-Sterile ini dapat menjaga peralatan makan bayi agar selalu higienis dan bebas dari kuman bakteri. Selain itu, Moms juga bisa mensterilkan botol dan dot bayi menggunaan alat ini lho. Moms hanya perlu memasukkan peralatan makan dan botol susu bayi yang sudah dicuci bersih ke dalam Panasonic D-Sterile, dan diamkan selama 20 menit. Mudah sekali bukan?