Asalamuallaikum Moms,

Selain sebutan Puzzle china, banyak juga orang yang mengatakan bahwa tangram adalah Math Puzzle. Cara memainkan tangram yang benar adalah dengan kita membentuk pola tertentu (hanya diberi garis bentuk atau siluet) menggunakan ketujuh potongan yang ada , dan tidak diperbolehkan tumpang tindih antar tiap potongan. Tujuan awal Tangram diciptakan adalah untuk hiburan, namun dijaman sekarang tangram banyak digunakan untuk menganalisa. Bahkan salah satu Psikolog Tiongkok mengatakan bahwa tangram adalah "Tes Psikologi Paling Awal Di Dunia".


Tangram memberikan kesempatan pada pemain (segala usia, baik anak-anak hingga orang dewasa) untuk menggunakan permainan ini sebagai alat peraga, salah satu fungsinya bagi orang dewasa adalah mengembangkan kemampuan spasial. Kemampuan spasial merupakan proses mental dalam mempersepsi, menyimpan, mengingat, mengkreasi, mengubah, dan mengkomunikasikan bangun ruang.

Ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai orang dewasa yang sudah sangat terpaku dengan rutinitas sehari hari. Permainan ini akan sangat bermanfaat untuk me refresh otak kita, kita kembali diajak untuk memikirkan tentang konsep dan mengasah kreatifitas kita. Tentunya hal ini akan bermafaat untuk karir kita ataupun sebagai ibu rumah tangga agar lebih kreatif dalam pengasuhan tumbuh kembang anak. Banyak petinggi perusahaan yang selalu menekankan bahwa kita harus melihat dengan Helicopter view, dan Tangram adalah salah satu cara untuk mengasah hal tersebut. Selamat bermain Tangram moms.