Gejala atau tanda tumbuh gigi pada bayi sebagai berikut:

 

1) Keluar Air Liur atau Saliva dalam Jumlah Banyak dari Mulut Bayi.

Mommies, perhatikan apakah si kecil mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya. Jika ya, maka itu kemungkinan ia sedang mengalami tumbuh gigi. Segera bersihkan air liurnya itu agar tidak mengenai area sekitar mulut dan pipi terlalu lama, karena bisa menimbulkan ruam berwarna kemerahan, terutama di sekitar dagu dan pipi.

source: http://drpaulose.com/general/teething-trouble-ear-ache-and-runny-nose


 

baca juga

2) Gusi Bayi Merah dan Bengkak

Bayi tumbuh gigi akan mengeluarkan air liur yang banyak, segera periksa kondisi gusinya untuk memastikan apa benar buah hatimu sedang tumbuh gigi. Kalau ternyata gusinya memerah dan terlihat bengkak, maka benar bayimu sedang tumbuh gigi. Nyamankan gusi yang bengkak itu dengan menekan-nekan menggunakan jari kelingkingmu yang sudah dibersihkan.

source: http://www.cherubbaby.com.au/cherub-baby-blog/baby-teething


 

3) Bayi Menggosok-gosok Telinganya

Jika kamu melihat bayimu menggosok-gosok area telinga di salah satu bagian, maka itu bisa jadi pertanda ada gigi yang akan segera tumbuh pada gusi di bagian yang sama. Bayi menggosok-gosok bagian telinga karena ia merasakan nyeri. Perlu kamu tahu kalau gusi dan telinga memiliki jaringan yang sama sehingga rasa sakit akan dirasakan bayi sampai ke telinga.

source: https://www.becalmbaby.com.au/teething-signs-to-look-out-for-in-your-baby/


 

baca juga

4) Nafsu Makan Bayi Menurun dan Tidurnya Tidak Nyenyak

Biasanya saat berada dalam masa-masa tumbuh gigi, bayi akan kehilangan nafsu makan dengan menolak makan dan minum. Selain itu, di malam hari ia akan lebih sulit tidur. Untuk mengatasinya, berikan si kecil teether untuk digigit. Dengan menggigit teether, ia akan merasa lebih nyaman.

source: https://www.becalmbaby.com.au/teething-signs-to-look-out-for-in-your-baby/



 

5) Batuk dan Tersedak karena Banyak Air Liur di Mulutnya

Karena produksi air liur bayi lebih banyak saat tumbuh gigi, maka mulutnya akan dipenuhi air liur. Sebagian akan dikeluarkan bayi dan ditelan, lalu sisanya masih berada dalam mulutnya. Kebanyakan air liur itu berisiko membuat bayi terbatuk-batuk dan tersedak.

 

source: http://www.onlymyhealth.com/health-slideshow/8-interesting-facts-about-tears-1431085255.html


 

6) Lebih Rewel dari Biasanya

Karena rasa nyeri yang dirasakannya, bayi menjadi tidak nyaman dan akan rewel dari biasanya. Hal ini terjadi terutama di malam hari, karena tidak beraktivitas dan bermain maka rasa sakit itu akan sangat terasa.

source: https://metrouk2.files.wordpress.com/2015/10/ad_185992051.jpg?w=748&h=498&crop=1