Memilih popok yang nyaman untuk anak tapi juga nyaman di kantong memang tantangan ya moms. Apalagi dengan banyaknya jenis dan merek popok yang beredar di pasaran. Mulai dari popok kain, popok clodi, hingga popok sekali pakai. Moms pasti mencari berbagai info sebelum menetapkan pilihan popok yang akan dikenakan pada buah hati. 

Moms bisa mencari tahu banyak informasi mengenai popok untuk bayi melalui banyak media. Bisa dengan membaca review produk orang-orang, atau moms juga bisa mencari informasi promo atau diskon popok yang moms inginkan. Karena melalui pendapat orang yang terlebih dahulu mencobanya kita bisa mendapatkan sedikitn gambaran mengenai produk yang dinginkan.

source: https://perawatanbayi.com

Kini semakin majunya tekhnologi membuat orang semakin banyak menciptakan kreasi yang baru. Contohnya jenis popok kain yang sekarang ramai di pasaran. Jika dulu moms harus-repot2 berpeluh dengan tumpukan cucian popok kain, belum rembesannya mengenai baju moms, mengotori kasur,sofa,dll. Kini popok kain sudah berinovasi menjadi lebih baik. Munculnya cloth diapers atau yang lebih dikenal dengan clodi, kini menjadi salah satu alternatif pilihan yang sangat baik bagi moms yang tidak ingin menggunakan pospak. 

source: https://clothdiaperscorner.files.wordpress.com
baca juga

Popok clodi memang memudahkan moms yang ingin bayi menggunakan popok kain daripada pospak. Namun sebagai mana ada kelebihannya pasti ada kekurangannya. Nah kira-kira apa kelebihan dan kekurangan popok clodi? Kali ini mommyasia.id akan berbagi informasi tentang kelebihan dan kekurangan popok clodi.

source: http://arminababyshop.co.id/

Keuntungan Menggukan Clodi

  • Lebih sehat. Clodi tidak mengandung bahan kimia sehingga lebih sehat untuk bayi.
  • Lebih hemat. Dengan menggunakan clodi, moms bisa menghemat pengeluaran secara drastis.
  • Bisa dipakai kembali. Bila anak moms sudah bisa dilatih menggunakan toilet, maka clodi tetap dapat dipakai kembali bila perlu, dapat disimpan untuk anak berikutnya, dapat diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, atau bisa menjadi kain lap untuk bersih-bersih di rumah.
  • Mengurangi sampah. Bayangkan bila 1 bayi bisa menghasilkan 6.000 popok sekali pakai dan dibuang ke TPA. Ada berapa bayi di Indonesia?
  • Bisa didaur ulang. Bila clodi sudah tidak terpakai dan dibuang, maka dapat didaur ulang karena terbuat dari kain.
source: https://cdn-images-1.medium.com
baca juga

Kekurangan Menggunakan Clodi

  • Menggunakan banyak air, deterjen dan listrik
  • Lebih repot dari menggunakan popok sekali pakai, karena harus mencuci dan membersihkan popok kain setelah digunakan oleh bayi.

Demikianlah kekurangan dan kelebihan dari popok clodi. Semoga bisa menambah informasi ya moms.