1. Perut Kembung

Saat menstruasi seringkali terasa kembung. Hal ini adalah efek dari hormon prostaglandin. Bahkan bukan hanya kembung, efek dari hormon tersebut bisa memicu diare dan kram pada perut. Untuk mengatasinya kamu bisa mengonsumsi air jahe untuk menghilangkan rasa kembung pada perut. Selain itu minyak gosok yang hangat juga bisa membantu disaat perut terasa tidak enak. 

source: https://express.co.uk

2. Nyeri sendi

Para wanita yang sedang mengalami menstruasi juga pasti pernah mengalami hal malas bergerak karena tubuh terasa sakit dan nyeri disekitar persendian. Ternyata hal ini disebabkan oleh turunnya kadar hormon estrogen yang bertugas menjaga sendi dari nyeri. Untuk mengatasinya kamu bisa beristirahat selama kurang lebih satu jam. Selain itu moms juga bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. 

source: https://bibamagazine.fr
baca juga

3. Migrain

Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan, sekitar 20% wanita mengalami sakit kepala bahkan sebelum menstruasi. Hal ini bisa dipicu rendahnya tekanan darah dan anemia. Pusing hingga migrain memang sering terjadi saat menstruasi. Dianjurkan untuk selalu konsumsi air putih dan banyak konsumsi makanan sehat untuk menjaga tubuh agar tetap sehat selama menstruasi.

source: http://cloudinary.com

4. Gusi Bengkak

Tepat sebelum menstruasi, tubuh mengalami kenaikan progesteron. Hormon ini membuat area rongga mulut terasa tidak nyaman. Bahkan sebagian wanita ada yang mengalami gusi bengkak dan berdarah hingga sariawan. Hal ini terjadi karena tingkat sensitifitas meningkat selama menstruasi. Nah, kondisi seperti ini tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman, oleh sebab itu segera konsumsi obat sakit gigi atau obat penghilang rasa sakit lainnya. 

source: https://askthedentist.com