1. Pegang Kepala dan Leher Terlebih Dahulu

Otot dan tulang bayi masih sangat lemah dan sensitif, oleh sebab itu moms harus berhati-hati ketika ingin menggendong. Langkah pertama selipkan satu tangan kita di bagian leher dan kepala untuk menyangganya. Kemudian letakan tangan yang satu untuk menopang punggung dan pantatnya.

source: https://perawatanbayi.com

2. Gendong Bayi di Lipatan Siku

Caranya adalah letakkan kepala bayi dilipatan siku moms alu sangga pantat Si kecil dengan telapak tangan. Lakukan selalu dengan gerakan perlahan agar bayi tidak kaget dan tidak ada otot atau tulang bayi yang cidera. Jangan lupa untuk memegangnya erat-erat, lalu perlahan dekatkan bayi ke arah dada kita. Saat mengangkat bayi dari tempat tidurnya, posisi kepala sejajar dengan bagian tubuh lainnya.

source: http://www.shape.com.sg
baca juga

3. Menggendong Ketika Ingin Menyusui

Jika moms ingin menggendong Si kecil ketika akan menyusui, lakukan saat duduk maupun berdiri. Caranya adalah letakkan tangan di bagian leher dan kepala bayi, kemudian tempatkan di lengan bagian dalam. Kamu bisa menggunakan penyangga seperti bantal atau kain untuk menyesuaikan posisi yang nyaman untuk bayi. Nah, untuk tangan yang satunya dipakai untuk menahan bagian bokong, lalu dekatkan bayi ke arah payudara moms. 

source: https://parents.com

4. Menimang 

Jika moms ingin menimangg bayi yang baru lahir caranya adalah ambil bayi yang sedang berbaring, lalu tempatkan salah satu tangan kamu di bawah leher dan kepalanya, sementara satu tangan lainnya berada di bagian bokongnya. Nah, dengan cara ini kepala dan leher bayi seharusnya berada di lengan bagian dalam saat digendong. Kemudian angkat bayi dan pastikan posisi bayi sudah sesuai sehingga ia merasa nyaman. Kemudian lakukan gerakan mengayun secara perlahan ya moms.

source: https://youtube.com
baca juga

5. Gunakan Kain atau Alas yang Lembut

Saat cuaca sedang panas bayi akan sering berkeringat dan bisa membuatnya rewel karena tidak nyaman. Sebaiknya moms menggunakan alas kain lembut saat menggendong Si kecil yang menyerap keringat. Selain itu pakaikan Si kecil baju yang tipis namun lembut dan menyerap keringat. 

 

source: http://www.mybaby.co.id