1. Kurangi garam

Saat kaki moms mulai bengkak, sebaiknya kamu mengurangi konsumi makanan yang mengandung banyak garam. Sebab sifat garam lebih mudah menyerap air dan mengakibatkan kaki sobat membengkak. Selain itu  hindari suhu panas, baik itu mandi dengan air panas, atau terpapar sinar matahari yang terik ya moms. 

source: http://chron.com

2. Jangan Berdiri Terlalu Lama

Berdiri dalam jangka waktu yang lama ternyata juga jadi penyebab kaki bengkak ketika hamil lho moms. Jika kamu terpaksa berdiri dalam jangka waktu lama, sebaiknya selingi dengan berjalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi di daerah kaki dan akan membuat bengkang berkurang. Selain itu, ketika duduk atau tidur, ganjal kaki dengan bantal, tujuannya untuk memperbaiki sirkulasi darah.

source: https://www.captainmums.com
baca juga

3. Olahraga Ringan Secara Rutin

Usahakan moms melakukan olahraga ringan selama kehamilan untuk melancarkan peredaran darah.  Olahraga yang dilakukan selama kehamilan akan membantu untuk mengatasi keluhan kehamilan dan juga mempersiapkan persalinan terutama latihan pernapasan. Lakukanlah olahraga ringan seperti senam hamil dan berjalan kaki ringan saat sore atau pagi hari. Mau mencoba? 

source: https://estilo.uol.com.br

4. Atur Posisi Tidur 

Ketika moms tidur usahakan posisi kaki lebih tinggi dari jantung kamu, karena posisi seperti ini akan membantu dalam mengatur sirkulasi darah. Sehingga apabila kamu tidur, moms dapat menggunakan ganjalan bantal pada kedua kaki untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dari kepala dan jantung. Selain itu sebelum tidur dan pagi hari perbanyaklah minum air putih untuk melancarkan pencernaan dan peredaran darah. Minumlah air putih paling tidak 8 gelas dalam sehari. 

source: https://sheknows.com