1) Tummy Time

Bayi cenderung menghabiskan waktu dengan berbaring pada punggungnya. Nah, cobalah sekali-kali melakukan tummy time atau merubah posisi bayi menjadi tengkurap dengan menopang pada perutnya. Tummy time ini banyak manfaatnya lho Moms di antaranya melatih otot leher, lengan, bahu, punggung, dan perut bayi. Menurut American Academy of Pediatrics, tummy time ini sudah bisa dilakukan bahkan sejak hari pertama membawa pulang ke rumah sejak dilahirkan. Tummy time bisa Moms lakukan dengan meletakkan bayi di permukaan lembut seperti selimut ataupun di atas perut Moms. Untuk pertama kali cukup lakukan 3 hingga 5 menit lebih dulu. Jangan lupa mengajak bayi mengobrol, menyanyi atau sekedar tersenyum saat sesi ini ya, Moms!
 


 

2) Sit Up

Masih bayi kok diajak sit up? Jangan khawatir dulu, Moms. Meski terdengar sebagai latihan yang agak berat tapi gerakan sit up dapat membantu memperkuat otot bahu, lengan, dan punggung bayi. Sit up juga dapat melatih keseimbangan bayi. Jadi, saat Moms menarik bayi dari posisi berbaring ke posisi duduk, secara alami ia akan melenturkan otot perutnya dan bekerja untuk menjaga agar kepalanya sejajar dengan tubuh. Hal inilah yang membantu memperkuat otot dan membangun keseimbangan. 
Saat bayi berbaring, pegang lengan bawahnya dan tarik perlahan ke arahmu. Lakukan secara perlahan dan hati-hati ya, Moms! 
 
2) Sit Up
source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

3) Mengangkat Benda

Mengangkat benda adalah cara yang bagus untuk membangun kemampuan menggenggam bayi, memperbaiki koordinasi mata-tangan, dan membantu mengembangkan otot-otot di bahu, lengan, dan tangannya. Latihan ini bisa dimulai saat bayi berusia 3 atau 4 bulan, karena pada usia itu ia sudah bisa menggengam benda dengan tangannya. Gunakan benda-benda apa saja yang ada di sekitar rumah, mainan kecil, dan benda lain dengan berbagai ukuran dan bentuk. Dudukkan bayi, lalu letakkan benda-benda tersebut di depannya. Minta bayi untuk mengambil dan mengangkat benda-benda itu. 
 

3) Mengangkat Benda
source: http://thatschurch.com


 

4) Bicycle Exercise

Pernah dengar kalau mengayunkan kaki bayi akan untuk membantu mengeluarkan gas penyebab ketidaknyamanan pada perutnya? Nah, ternyata metode ini enggak hanya efektif mengeluarkan udara namun juga bermanfaat untuk menguatkan otot pada kaki, pinggul, lutut, dan perut. Latihan ini juga dapat meningkatkan fleksibilitas bayi dalam bergerak lho. Untuk melakukan latihan ini, caranya adalah dengan meletakkan bayi dalam posisi berbaring lalu gerakkan kedua kakinya ke atas dan ke belakang seolah-olah sedang mengayuh sepeda. Lakukan gerakan ini tiga sampai lima kali, istirahat, kemudian ulangi lagi. Lakukan sambil melakukan kontak mata dengan bayi ya, Moms! 
 


 

baca juga

5) Menari atau Joged

Salah satu latihan yang paling menyenangkan untuk si kecil adalah latihan menari atau berjoged. Yang perlu Moms lakukan adalah memutar musik dan mengajak bayi menari. Moms juga bisa menggendongnya sambil mengajak berdansa. Latihan ini tidak hanya bermanfaat untuk menggerakkan semua bagian tubuh bayi namun juga membuatnya tertawa dan senang.
 

5) Menari atau Joged
source: http://pregnancyandbaby.com