Salah Menghitung Periode Kehamilan

Saat kandunganmu sudah semakin membesar dan bahkan melewati masa usia 9 bulan, tetapi belum juga terjadi kontraksi, ada beberapa hal yang perlu kamu waspadai. Yang pertama adalah kemungkinan adanya kesalahan dalam menghitung periode kehamilan. Untuk itu, kamu perlu memastikan lagi usia kandunganmu dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan. Ingat, usia kehamilan dihitung sejak tanggal terakhir menstruasi.
 

source: https://www.shopback.co.id/


 


Riwayat Keturunan

Selain adanya indikasi kesalahan menghitung usia kehamilan, kelahiran terlambat dapat terjadi karena faktor genetik atau keturunan. Itulah sebabnya, tanyakan pada orang tuamu apakah ada riwayat keturunan posmatur dalam keluargamu. Jika ada, maka ada kemungkinan kamu juga akan mengalami hal tersebut. Meskipun begitu, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengupayakan bayi lahir tepat waktu, seperti dengan rutin melakukan senam hamil untuk dapat memudahkan dan merangsang proses persalinan. 

source: https://hidupsimpel.com/


 

baca juga

Tubuh Yang Terlalu Kegemukan

Saat hamil, kamu akan membutuhkan banyak sekali asupan makanan bergizi. Itulah sebabnya, para wanita akan mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan saat hamil. Akan tetapi, bukan berarti kamu bebas untuk makan sepuasnya tanpa memperhatikan kondisi kesehatan tubuh, apalagi jika sampai terjadi obesitas. Faktanya, kegemukan pada ibu hamil dapat membawa dampak yang cukup berbahaya. Salah satu risiko yang dapat terjadi adalah kelahiran bayi terlambat. Itulah sebabnya, kamu harus memastikan asupan gizimu seimbang dan juga rajin berolahraga ringan.
 

source: http://kompas.com/


 


Hipotiroidisme

Saat hamil, seorang wanita akan melalui masa-masa perubahan hormon tubuh yang sangat signifikan. Salah satu hormon yang juga berubah adalah hormon tiroid. Itulah sebabnya, sebagian dari wanita hamil rentan mengalami peradangan kelenjar tiroid. Kondisi ini harus diwaspadai sebab dapat memicu terjadinya hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah suatu keadaan saat seseorang mengalami kekurangan hormon tiroid karena kelenjar tiroid yang tidak bekerja dengan optimal. Inilah yang nantinya akan mempengaruhi keterlambatan lahir pada bayi.
 

source: https://obatgondokanak.com/