1. Iritasi dari Sabun atau Deterjen

Meskipun moms tidak pernah mengalami iritasi pada sabun atau deterjen yang digunakan saat sebelum hamil, namun bisa saja itu terjadi ketika moms hamil. Sabun yang digunakan untuk mencuci baju bisa saja membuat miss v kita gatal karena beberapa kandungan yang tidak cocok dan ditambah lagi kulit moms yang sedang sensitif. Untuk mengatasinya, moms bisa menggunakan sabun yang lebih lembut kandungannya dan gunakan air panas terlebih dahulu untuk merendam pakaian sebelum dicuci. 

source: http://umcmills.com

2. Kutu Pubis

Jika selama masa kehamilan moms mengalami gatal di sekitar rambut kemaluan, kemungkina itu disebabkan oleh kutu pubis. Kutu pubis ini cenderung sangat menular, sehingga kamu bisa terkena dimana saja. Kondisi ini membutuhkan perawatan oleh dokter dan harus dilakuakan pembasmian kutu secara menyeluruh dari tempat tidur dan pakaian. Namun, ada baiknya moms berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter jika ingin menggunakan pembasmi kutu kimiawi. 

source: http://buzztache.com
baca juga

3. Perubahan Hormon Estrogen

Perubahan hormon saat hamil juga bisa menyebabkan miss v terasa gatal. Hal ini karena hormon estrogen menyebabkan keputihan diproduksi lebih banyak oleh vagina. Ini bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi dan membuat vagina terasa gatal. Selain itu miss v gatal juga bisa disebabkan oleh produksi keringat yang berlebihan di sekitar vagina. Oleh sebab itu area miss v menjadi lembab serta mudah mengalami iritasi dan menyebabkan gatal.

source: https://smuggbugg.com

4. Dehidrasi 
 

Ternyata kekurangan air atau dehidrasi saat kehamilan juga bisa menyebabkan vagina gatal lho moms. Dehidrasi bisa menyebabkan jaringan vagina menjadi lebih kering dari biasanya, sehingga menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Nah, jika moms mengalami vagina gatal disertai keputihan berlebihan dan berbau tidak sedap, nyeri pada vagina, atau sakit saat buang air kecil, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Karena hal ini dikhawatirkan vagina gatal yang moms alami adalah penyakit yang lebih serius. 

source: https://www.yuksektopuklar.com