1. Membersihkan Kotoran Pada Rambut 

Perlu diketahui, setelah ibu melahirkan ketika itu bayi melewati jalan lahir yang juga membawa kotoran dan lemak ibu termasuk menempel pada rambut bayi. Mencukur rambut bayi pada hal ini dapat membersihkan sisa-sisa kotoran dan lemak yang menempel pada rambut bayi. Oleh karena itu memotong rambut bayi sangat bermanfaat untuk menghilangkan kotoran yang menempel. 

source: https://www.sciencedaily.com

2. Membuat Bayi Merasa Nyaman

Dengan kepala pelontos bayi akan terasa nyaman karena kepalanya yang bersih dari rambut serta kotoran yang menempel. Hal ini karena rambut yang lebat ditambah suhu udara yang panas dikhawatirkan akan membuat bayi kegerahan dan rewel. Nah, dengan mencukur rambut Si kecil diharapkan bayi merasa nyaman.

source: https://pregnant.sg
baca juga

3. Memudahkan Moms Mendeteksi Kepala Bayi

Kepala bayi yang pelontos tanpa rambut, ini akan memudahkan moms untuk mendeteksi jika terdapat masalah pada kulit kepala seperti iritasi atau hemangioma yang sering muncul di kepala bayi. Selain itu kepala bayi yang botak akan memudahkan ia beradaptasi dengan lingkungannya dan membantu mengurangi rasa gerah bila berada ruangan yang bersuhu panas. Selain itu pada bayi dengan gangguan kerak kepala (dermatitis seboroik) pemotongan rambut dapat mempermudah perawatan gangguan kulit tersebut lho mom. 

source: https://cdn.cnn.com

4. Membuat Rambut Bayi Lebih Tebal dan Berkilau

Meski belum pernah dibuktikan secara medis, namun dipercaya dengan mencukur rambut bayi dapat membuat rambut lebih tebal dan berkilau. Nah, untuk perawatan setelahnya moms bisa merawat rambut Si kecil dengan bahan-bahan alami seperti daun seledri atau lidah buaya. Selain itu mencukur rambut bayi dapat meningkatan aliran darah ke kepala, sehingga kebutuhan kulit kepala akan nutrisi tercukupi.

source: http://kintakun-collection.co.id