1 Hentikan Kebiasaan Merokok, Kafein dan Minuman Keras

Jika kamu punya kebiasan merokok, mungkin kamu berpikir akan berhenti saat hamil nanti. Tapi Moms, akan lebih baik jika kebiasaan merokok kamu hentikan sekarang juga. Wanita perokok beresiko sulit hamil, selain itu merokok juga membuat telur wanita lebih rentan terhadap kelainan genetik. Merokok juga dapat menyebabkan  kehamilan ektopik, kelahiran prematur, dan bahkan keguguran. 

Selain rokok, kamu harus berhati-hati ketika mengonsumsi kafein. Konsumsi kafein berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan kamu maupun pasangan. Selain kopi, kafein dapat ditemukan di dalam teh, coklat, minuman bersoda dan hampir semua minuman berenergi.
Jika rokok dan kafein harus kamu kurangi atau bahkan berhenti mengonsumsinya, apalagi dengan minuman keras ni Moms. Terlalu banyak mengonsumsi minuman keras terlalu beresiko untuk kesuburan dan bahkan bisa mengakibatkan kesuburan. Lagi pula, hidup tanpa ke tiga hal di atas menjadi gaya hidup sehat lho Moms. Ganti kebiasaan itu dengan mengonsumsi makanan dan minuman kaya gizi ya Moms.

source: https://abbeyskitchen-8c31.kxcdn.com/wp-content/uploads/2018/01/jason-briscoe-152943.jpg

2 Aktifitas Fisik Terlalu Berlebihan

Moms, akhir-akhir ini pekerjaan kamu sangat banyak? Kamu sering pulang malam, terlalu sering ke luar kota sampai-sampai waktu tidur adalah waktu yang paling berharga? Nah Moms, kalau kamu sedang mengalami kondisi ini dan bersiap untuk hamil, stop deh! Kurangi secara bertahap aktifitas fisik yang menguras energi ini. Kehamilan yang sehat membutuhkan tenaga dan kondisi tubuh yang fit. Kamu membutuhkan waktu istirahat yang lebih supaya kondisi tubuhmu siap menerima kehamilan. 

Sebaliknya Moms, Kamu ingin selalu sehat, sehingga kamu meluangkan begitu banyak waktu untuk olah raga. Ternyata nih Moms, terlalu banyak olah raga tidak disaran kan bagi kamu yang sedang mempersiapkan kehamilan. Ada beberapa olah raga yang bisa mempengaruhi kesuburan. Olah raga secukupnya dan imbangi dengan makanan bergizi ya Moms,
 
source: http://momwithfive.com/wp-content/uploads/2017/10/healthy-habits-648x486.jpg
baca juga

3 Berat Badan Kurang atau Malah Lebih? Oh No!

Moms, sudah cek berat badan kamu? Berat badan bisa menjadi masalah serius bagi kamu yang sedang bersiap untuk hamil. Perempuan dengan BMI (Body Mass Index) rendah yaitu 18.5 atau kurang atau justru memiliki BMI sangat tinggi (di atas 30) cenderung memiliki siklu mentruasi yang tidak teratur. Tubuh yang terlalu kurus bisa menganggu proses ovulasi. Di sisi lain, kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko komplikasi kehamilan, seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir, dan kecenderungan menjalani operasi caesar.

Penting untuk memiliki berat badan sehat ketika kamu sedang mencoba hamil dan selama kehamilan. Ganti makanan penuh lemak, kolesterol maupun makanan kurang sehat lain dengan konsumsi makanan kaya gizi seperti sayuran, ikan tanpa merkuri, minum banyak air putih, dan kurangi konsumsi karbohidrat dan gula. Segera konsultasi ke dokter atau ahli gizi jika kamu merasa memiliki masalah berat badan ya Moms.

source: https://www.avawomen.com/wp-content/uploads/2015/12/151207_AvaWorld_Weight_Fertility.jpg

4 Stress Berlebihan

"Kamu kok enggak hamil-hamil?"
"Jangan stress dong, nanti enggak hamil-hamil" bla bla...


Memang menyebalkan rasanya jika kita terus saja mendengar apa yang orang lain katakan, meski hal itu benar adanya. Stress dapat menganggu rencana kehamilan kamu maupun apabila kamu hamil nanti. Sebelumnya kamu harus bisa membedakan apa yang dimaksud stress ini. Ada dua macam stress yang mungkin kamu hadapi, stress karena sesuatu yang bersifat rutin dan ini akan menghilang dengan sendirinya, atau stress karena sesuatu yang tiba-tiba mengubah kebiasaan kamu dan membuat Kamu harus menyesuaikan diri dengan drastis. MIsalkan saja karena kehilangan, kematian, penurunan kondisi ekonomi keluarga, masalah rumah tangga dan sebagainya. 

Stress jenis terakhir inilah yang beresiko mempengaruhi kemampuan reproduksi kamu. Kemungkinan kamu akan mengalami gangguan siklus mentruasi saat kamu stress. Stress juga dapat menurunkan fungsi tubuh kamu, kamu akan sangat tertekan, mudah lelah dan tidak fit untuk menerima adanya janin. Meski begitu, stress karena rutinitas yang terlalu berlebihan juga tidak baik lho Moms.

Kamu bisa konsultasi ke dokter atau psikolog jika kamu membutuhkan jalan keluar untuk masalah yang mennbuat kamu stress ya Moms. Lakukan banyak kegiatan positif dan menyenangkan untuk meringankan beban pikiran kamu, 
 

source: https://www.pgeveryday.com/Assets/Modules/Editorial/Article/Images/the-busy-moms-ultimate-guide-to-decluttering-1-size-3.jpg