1. Miss V Kering

Hal pertama yang selalu menjadi penyebab timbulnya rasa nyeri setelah berhubungan intim adalah vagina yang kering. Apabila penetrasi dilakukan saat vagina belum cukup basah atau terlumasi, dinding vagina yang bergesekan dengan penis akan menimbulkan luka atau lecet sehingga kamu akan merasakan nyeri setelah selesai berhubungan intim. Keringnya vagina umumnya disebabkan oleh kurangnya kadar estrogen dalam tubuh. Biasanya kurangnya kadar estrogen pada wanita dialami oleh wanita hamil, menopause, dan sedang dalam masa pengobatan kanker. Selain itu, vagina yang kering juga dapat disebabkan oleh istri yang memang belum benar-benar terangsang. Untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan pelumas saat akan melakukan penetrasi.
 

source: https://hellosehat.com/


 


2. Vaginismus

Selain kering, vagina nyeri setelah berhubungan intim juga dapat disebabkan oleh gejalan vaginismus atau menegangnya otot pada area vagina. Hal ini dapat disebabkan oleh trauma seksual, kurangnya edukasi seksual, pikiran negatif terhadap hubungan seksual, rasa takut akan hamil, kekerasan seksual, dan lain sebagainya. Untuk menanganinya, kamu dapat melakukan senam kegel atau berkonsultasi dengan dokter jika diperlukan.
 

source: http://www.drskinaid.com/


 

baca juga


3. Iritasi Pada Vagina

Penyebab lain yang juga mengakibatkan vagina nyeri setelah berhubungan intim adalah iritasi pada vagina. Iritasi pada vagina sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kebersihan yang kurang terjaga pada area vagina, infeksi jamur, serta penggunaan produk kebersihan yang tidak sesuai.
 

source: http://doktersehat.com/


 


4. Vulvodinia

Terakhir, penyebab rasa nyeri pada vagina setelah berhubungan intim juga dapat disebabkan oleh gejalan vulvodinia. Vulvodinia adalah rasa sakit di daerah sekitar pembukaan vagina seperti nyeri, gatal-gatal, rasa menyengat, rasa terbakar, dan lain-lain. Penyebab vulvodinia sendiri belum benar-benar ditemukan secara pasti. Namun, hal ini tentu sangat menimbulkan tidak nyaman dan rasa sakit saat dan setelah berhubungan. Sebaiknya jika terjadi gejala tersebut diatas, segera konsultasikan ke dokter.
 

source: https://www.meetdoctor.com/


Nah, itulah beberapa penyebab timbulnya rasa sakit pada vagina setelah berhubungan intim. Jika rasa nyeri terasa berlebih, segera konsultasikan kondisimu pada dokter.