1. Jelaskan Mengenai Pra Sekolah Pada Anak

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat anak akan segera memulai hari pertamanya di pra sekolah adalah menjelaskan manfaat dan pentingnya pra sekolah pada si kecil. Jelaskan beragam kegiatan yang akan mereka lakukan di sana. Dengan begitu, kamu juga dapat memancing minat dan rasa penasaran mengenai pra sekolah itu sendiri.
 

source: https://www.verywell.com/


 


2. Persiapkan Perlengkapan Sekolah

Setelah menjelaskan apa itu pra sekolah pada anak, ajaklah anak mempersiapkan segala kebutuhan dan perlengkapan sekolahnya. Ia akan membutuhkan banyak sekali perlengkapan saat di sekolah seperti sepatu, tas, buku, alat tulis, label nama, tempat bekal, botol minum, baju ganti, dan lain sebagainya. Siapkan perlengkapan dari jauh jauh hari agar tidak terburu-buru saat sudah akan memulai pra sekolah. Pastikan juga kamu membelikan perlengkapan dengan warna atau gambar tokoh katun kesukaannya.
 

source: https://www.personalizationmall.com/


 

baca juga


3. Pancing Rasa Penasaran dan Semangat Si Kecil

Untuk dapat membuat anak lebih bersemangat dalam sekolah, kamu dapat mulai melibatkannya dalam segala persiapan sekolahnya. Seperti menyiapkan baju, sepatu, tas, dan memilih menu bekal kesukaannya. Ceritakan pula bagaimana serunya bermain dengan teman-teman dan berkenalan dengan guru-guru yang baik hati.
 

source: http://www.yourneighborhoodtoystore.org/


 


4. Hari Pertama Pra Sekolah

Terakhir, pastikan hari pertama pra sekolah merupakan hari yang benar-benar menyenangkan. Pastikan anak tidur dengan cukup sehingga tidak rewel saat harus dibangunkan pada pagi harinya. Kemudian, siapkan menu sarapan yang ia sukai agar ia semakin semangat untuk makan dan bersiap ke sekolah. Jangan lupa untuk meluangkan waktu seharian menemani si kecil beradaptasi. Jika kamu langsung tinggalkan, ia bisa jadi rewel dan malah membenci sekolah.
 

source: https://www.youtube.com/watch?v=hKFlhPetGrI


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu untuk kamu siapkan saat anak akan mulai memasuki tahapan pra sekolah. Semoga bermanfaat, ya!