Tetap Mempekerjakan Nanny
Walaupun orang tua atau mertua Moms sendiri yang memaksa untuk mengasuh cucu sementara Moms di kantor, amat disarankan bahwa Moms juga tetap mempekerjakan nanny. Tak perlu nanny yang menginap, atur saja jam kerjanya agar sang nanny bekerja hanya selama jam kantor Moms. Orang tua atau mertua Moms sudah tidak muda lagi, lho. Tubuh mereka tentunya sudah tidak fit lagi untuk bermain kejar-kejaran atau mengawasi si kecil terus-terusan. Jadi, orang tua sifatnya hanya mengawasi nanny saat mengasuh si kecil.

source: http://www.proeves.com

Berikan Kompensasi
Jangan lupa untuk memberikan kompensasi pada orang tua yang telah berjasa mengasuh anak selama Moms di kantor, ya. Bentuk kompensasinya bermacam-macam, dari uang bulanan, beras, hingga pakaian atau makanan favoritnya. Orang tua cenderung akan menolak sih, Moms, jika diberikan kompensasi dalam bentuk uang. Namun, Moms tentunya dapat memberi pengertian pada orang tua bahwa anak sebetulnya adalah tanggung jawab penuh Moms dan Dads sebagai orang tuanya, dan kompensasi ini adalah bagian dari tanggung jawab Moms dan Dads sebagai orang tua yang baik.

source: https://www.tesco-baby.com
baca juga

Tanggung Seluruh Kebutuhan Si Kecil
Moms perlu membuat daftar apa saja yang dibutuhkan si kecil per harinya. Mulai dari makanan pokok, camilan, uang jajan, hingga mainan. Kemudian buat budget untuk masing-masing keperluan tersebut, dan titipkan pada orang tua. Jangan sampai orang tua mengeluarkan uang untuk keperluan si kecil ya, Moms. Pastinya orang tua tidak keberatan, bahkan dengan senang hati menghabiskan uang untuk cucunya. Tapi, sekali lagi, si kecil adalah anak Moms dan Dads yang adalah tanggung jawab Moms dan Dads sepenuhnya.

source: https://s-i.huffpost.com

Sepakati Aturan Pengasuhan
Berbagai penelitian mencatat bahwa anak yang diasuh nenek dan kakeknya cenderung akan berkarakter manja, kurang bertanggung jawab, dan suka berbohong. Jangan salahkan orang tua Moms akan hal ini, ya. Tentu saja kakek dan nenek akan memanjakan cucunya, bahkan mungkin takkan pernah memarahi jika sang cucu sedang nakal. Adalah tugas Moms dan Dads untuk membuat kesepakatan mengenai pola asuh si kecil kepada orang tua Moms. Dengan demikian si kecil juga takkan menemui perbedaan tentang kedisiplinan dan tanggung jawab jika sedang bersama dengan Moms dan saat sedang bersama dengan kakek-neneknya.

source: https://www.saga.co.uk