Tidak lancarnya ASI yang keluar disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pola makan yang salah. Banyaknya larangan makanan saat hamil membuat banyak Ibu yang seakan balas dendam lantas mengonsumsi makanan apa saja yang justru berdampak pada produksi ASI. Padahal tidak hanya saat hamil, saat menyusui Ibu juga disarankan untuk menjaga pola makan, karena apa yang Ibu makan juga akan dirasakan oleh Si Kecil.
 
Tentu kamu tidak mau melewatkan momen indah menyusui Si Kecil bukan? Tapi kamu tak perlu khawatir karena banyak cara yang dapat Ibu lakukan untuk membuat ASI lancar dan berlimpah, salah satunya dengan mengonsumsi 4 makanan ini:


1. Daun Katuk

Sudah menjadi rahasia umum jika daun katuk memiliki kandungan yang baik untuk Ibu yang sedang menyusui. Kandungan Vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna terbukti dapat membuat ASI menjadi berlimpah dan kental.

source: http://www.mooimom.id/mamapedia/ini-dia-pentingnya-daun-katuk-bagi-ibu-menyusui/
baca juga


2. Pare

Walaupun pahit, tapi sayuran yang satu ini sangat bagus untuk membuat ASI lancar dan berlimpah. Tak hanya itu, kandungan Vitamin K, antioksidan dan fitokimia lutein dapat mengentalkan ASI, sehingga akan membuat Si Kecil cepat kenyang.

source: http://lifestyle.analisadaily.com/read/manfaat-luar-biasa-dari-pare-part-ii/151228/2015/07/11


3. Pepaya

Selain dapat membantu memperlancar buang air besar, pepaya juga buah wajib yang harus dikonsumsi ibu menyusui. Pasalnya, buah yang satu ini mengandung kalium, dimana kekurangan kalium akan membuat Ibu mudah lelah yang akan membuat produksi ASI menurun. Tak hanya itu, ASI juga kaya akan kandungan Vitamin A, Vitamin C dan asam folat.

source: https://www.boldsky.com/health/wellness/2016/does-papaya-increase-body-heat-101015.html
baca juga


4. Kacang Hijau

Camilan manis yang enak disantap saat panas ini rupanya dapat membantu memperlancar ASI lho. Kandungan Vitamin B1, magnesium, zat besi, dan kalium pada kacang hijau sangat dibutuhkan untuk ibu menyusui.

source: http://ramadan.liputan6.com/read/2074687/menu-buka-puasa-puding-bubur-kacang-hijau


Nah, itulah beberapa jenis makanan yang dapat Ibu konsumsi agar ASI berlimpah dan lancar. Perlu diketahui bahwa ASI memiliki 400 nutrisi yang tidak ada di dalam susu formula dan sangat bagus untuk tumbuh kembang serta kecerdasaan otak Si Kecil. So, selalu perhatikan pola makan kamu ya, Moms!