Kapan Gerakan Bayi di Perut Mulai Terasa oleh Moms?
Moms mulai dapat merasakan gerakan bayi di dalam perut saat usia kandungan Moms menginjak 16-22 minggu. Namun jika ini adalah kehamilan Moms yang ke dua dan seterusnya, Moms mungkin dapat merasakannya lebih awal. Tidak semua Moms dapat merasakan dengan jelas gerakan bayi di dalam perut. Ketebalan lemak di perut Moms juga berpengaruh lho, Moms. Semakin tebal lapisan lemak di perut Moms, maka gerakan bayi juga akan semakin samar terasanya. Namun jika Moms tidak merasakan gerakan apapun dari bayi Moms hingga Moms melewati usia kandungan 24 minggu, hendaknya Moms memeriksakan kandungan ke dokter.
 

source: http://www.huffingtonpost.com.au

Seberapa Intens Normalnya Gerakan Bayi di Dalam Perut?
Setelah Moms melewati usia kandungan 28 minggu, idealnya bayi di dalam perut terasa bergerak sebanyak 6 kali dalam 1 jam per hari. Bukan berarti bayi Moms harus bergerak 6 kali setiap jam ya, Moms. Tapi dalam sehari setidaknya ada 1 jam dimana bayi bergerak aktif sebanyak 6 kali. Jika Moms tidak merasakannya, sebaiknya Moms segera memeriksakan kandungan karena dikhawatirkan bayi Moms terlilit tali pusar. Untuk menghindarinya, Moms dianjurkan meminum jus buah segar secara rutin dan biasakan berbaring ke arah sisi kiri.
 

source: http://telegraph.co.uk
baca juga

Bagaimana Gerakan Bayi di Dalam Perut yang Terasa Normal?
Sebelum memasuki trimester ke tiga, Moms akan merasakan gerakan lembut di dalam perut seolah sang bayi sedang berguling ke sana-sini. Terkadang ini akan membuat Moms merasa kegelian. Namun saat Moms sudah memasuki usia trimester ke tiga, gerakan bayi akan lebih terasa sebagai pukulan atau tendangan dari dalam perut yang bisa saja membuat Moms terbangun kala tidur atau bahkan kadang agak nyeri. Tenang, hal ini normal kok, Moms. Semakin tua usia kandungan tentu ukuran bayi juga semakin besar sehingga ruangnya di dalam perut Moms semakin sempit. Seru ya, Moms!

source: https://blogs.babycenter.com/