Bahaya Tertelan
Jika buah hati Moms masih berusia di bawah tiga tahun, tentunya Moms cenderung memilih mainan yang lunak, ya. Wajar saja, karena koordinasi motorik batita masih belum sempurna hingga sering membuatnya terantuk mainannya sendiri. Jika Moms memilih squishy untuk mainan si kecil, memang lebih aman, Moms. Namun Moms perlu mengawasi saat si kecil bermain squishy. Bahan utama mainan squishy yakni polyurethane. US Enviromental Protection Agency (EPA) menyebutkan bahwa polyurethane dapat mengakibatkan berbagai penyakit, termasuk kanker dan asma, jika tertelan atau bahkan sekedar masuk ke dalam mulut. Ini bahaya sekali, Moms. Apalagi banyak mainan squishy yang berbentuk makanan atau buah-buahan.
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQSGEuWtovefp1LwGBnEwaTNKUmqRKExFm0OCtErPy3CVsqAMiCJw
 

Bahaya Masuk ke Telinga
Anak kecil kadang memasukkan benda ke dalam telinga, dan bisa saja ini mainan squishy-nya. Mainan squishy memang bentuk dan ukurannya bermacam-macam, Moms. Atau, bisa saja mainan squishy tersebut ukurannya tidak terlalu kecil, namun sudah lama dan sering terjemur sinar matahari langsung hingga ada bagian-bagiannya yang lapuk dan mudah terlepas. Jika ada bagian dari mainan squishy yang masuk ke telinga, risikonya bisa merusak struktur telinga bagian tengah yang memang rapuh. Yang bisa segera Moms lakukan yakni lihat ke dalam telinga si kecil. Jika benda yang menyumbat tersebut terlihat, cobalah keluarkan dengan menggunakan alat penjepit. Namun jika tidak bisa, segera bawa si kecil ke dokter THT ya, Moms. Jangan sekalipun menggunakan cotton bud karena justru akan mendorong sumbatan masuk lebih dalam lagi.
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSCovfi2TOHR-lnqdfDDyrkrAVw3NQwFhmqFUoKgG4HiTA_lnM19g
 

baca juga

Sumber Penyakit
Mainan squishy memang dibuat sedemikian rupa agar dapat diremas-remas gemas. Fungsi utamanya memang untuk melepaskan stress sih, Moms. Dan bagi si kecil, memainkan squishy juga bisa melatih otot tangannya. Dengan selalu diremas-remas, artinya mainan squishy rentan kotor dan lembab terkena keringat. Nah, seperti spons cuci piring atau spons bedak milik Moms, mainan squishy yang lembab juga akan menjadi ladang subur untuk berkembangnya jamur yang seringkali tak kasat mata. Selain itu berbagai bakteri dan virus seperti E.coli yang dapat menyebabkan diare dan berbagai virus penyebab influenza serta penyakit-penyakit lainnya juga dapat dengan mudah menempel dan menulari si kecil.
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRFM_ALaecTF3856r1EOgP1kg7JdAvsp1z7G_yjDPMqLUJqljd7