Berbagi Informasi tentang Persiapan Persalinan

Suami adalah orang pertama yang harus kamu bagi infoirmasi seputar kehamilan dan persiapan kelahiran. Berikut informasi persiapan persalinan yang harus kalian tahu bersama untuk bersiap menjadi suami siaga :

  • Dimana kamu akan melahirkan, tentukan dua tempat yang mungkin bisa kamu jangkau dengan mudah
  • Persiapkan kendaraan jika tiba-tiba kamu mulai mulas.
  • Jelaskan prosedur apa saja yang harus ia isi saat menjelang persalinan
  • Minta ia mengingat dimana kamu menyimpan tas "siaga" berisi kebutuhan kamu dan calon buah hati kalian
  • Diskusikan siapa saja yang perlu kalian hubungi jika ada situasi yang mendesak saat persalinan nanti
source: https://burgeonmidwifery.files.wordpress.com/2016/12/cec.jpg?w=778

Bantulah Suami Menciptakan Bonding ke Calon Buah Hati

Suami memang menemani kamu selama proses kehamilan, tapi tidak mudah bagi Dia untuk bisa menautkan perasaan sama seperti apa yang kita lakukan. Nah Moms, pelan-pelan buatlah Dia merasa nyaman dengan kehadiran si kecil. Kamu bisa melakukan :

  • Sering-sering mengajaknya ke dokter kandungan. Kalian akan mendapatkan informasi yang berharga tentang perkembangan calon buah hati dari waktu ke waktu.
  • Ajak ia mempersiapkan segala kebutuhan fisik calon buah hati seperti perlengkapan bayi, perlengkapan menyusui dan mempersiapkan ruangan bayi
  • Sering-seringlah berkunjung ke kerabat atau teman yang memiliki bayi. Minta teman atau kerabat sharing seputar persiapan kelahiran dan bagaimana rasa nya memiliki anak. 
source: http://anupamahospitals.com/wp-content/uploads/2015/09/wife_pregnant.jpg
baca juga

Ajak Suami Mengikuti Kelas Melahirkan

Jika kamu mengikuti kelas persiapan persalinan, jangan ragu untuk meminta Suami menemani saat kelas berlangsung. Dari situ, suami akan tahu bagaimana usaha kamu untuk melahirkan calon buah hati ke dunia dengan aman dan nyaman. Selain itu, suami lebih mudah memahami apa saja yang akan kamu alami saat proses persalinan nanti. Sehingga ia lebih siap terhadap segala kondisi. 
 

source: https://burgeonmidwifery.files.wordpress.com/2016/12/cec.jpg?w=778

Diskusikan Metode Persalinan Sesuai Ekpektasi

Melalui persalinan alami tanpa operasi adalah impian dari setiap perempuan bahkan mungkin pasangan. Banyak metode yang bisa kamu pilih untuk membuat kamu nyaman dan aman bagi kondisi kamu dan si calon buah hati. Sebaiknya cari tahu sebanyak mungkin informasi tentang proses persalinan ini, dan diskusikan dengan Suami.
BIarkan Suami ikut memutuskan mana yang bisa kalian lakukan bersama-sama. Karena sejatinya proses persalinan bukan hanya perjuangan kamu Moms, tapi juga Suami Kamu. Perhitungkan dimana, siapa yang akan membantu proses kelahiran dan biaya yang harus kalian persiapkan.

source: https://www.familyeducation.com/sites/default/files/collection-item/pregnant_couple_in_hospital_H.jpg
baca juga

Hargai Perasaan Suami Apapun Bentuknya, Ia juga Sedang Adaptasi Moms!

Moms, kehamilan bagi kamu adalah proses yang sangat mengagumkan. Kamu mengetahui gerakan demi gerakan calon buah hati dari waktu ke waktu. Hal itu membuat kamu lebih mudah jatuh cinta pada nya bahkan sebelum calon buah hati Kamu lahir ke dunia. Kamu pasti menjadi manusia paling semangat mempersiapkan kehamilan dan proses persalinan, segala hal sudah kamu persiapkan dengan hati-hati.

Tapi hal ini mungkin tidak berlaku bagi suami Kamu Moms. Saat kamu menonton video tentang persalinan dan memintanya menonton bersama, bisa saja dia merasa bosan. Saat dia diam saja ketika kamu bersemangat, mungkin saja ia sedang mengeloa perasaanya yang khawatir saat persalinan kelak. Beri dia ruang dan waktu untuk menyelami dan mencintai peran baru nya pelan-pelan Moms.

Selamat belajar.

source: https://images.parents.mdpcdn.com/sites/parents.com/files/styles/width_360/public/images/p_101754781.jpg