Kenaikan berat badan hampir dialami oleh hampir semua wanita hamil. Tak tanggung-tanggung kenaikannya bahkan sangat drastis. Namun, tak ada yang bisa dilakukan karena takut justru akan membahayakan sang buah hati yang ada di dalam kandungan. Tak heran, setelah melahirkan banyak Ibu yang melakukan diet demi mengembalikkan bentuk tubuhnya.
 
Eits! Tapi masalahnya adalah apakah diet yang kamu lakukan aman sehingga tidak merusak atau bahkan memengaruhi produksi serta kualitas ASI? Pasalnya, kamu harus memperhatikan asupan ASI untuk Si Kecil. Jangan sampai karena ingin menurunkan berat badan justru menghambat pemberian ASI. Seperti yang diketahui ASI memiliki peran yang sangat penting untuk tumbuh kembang dan kecerdasaan bayi.
 
Tapi bukan berarti kamu tidak bisa diet lho. Kali ini beautynesia.id akan berbagi tips diet sehat dan aman untuk menyusui!



1. Perbanyak Minum Air Putih

Ibu menyusui membutuhkan banyak cairan selama proses menyusui untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, banyak minum air putih juga diyakini dapat membantu menurunkan berat badan.

source: http://amritaretreat.com/all-about-water-and-12-ways-to-drink-more-of-it/
baca juga


2. Konsumsi Makanan Sehat

Kandungan nutrisi yang harus kamu konsumsi saat menyusui sangatlah penting. Pasalnya, apa yang kamu makan juga dimakan oleh Si Kecil. Nah, karena itu kamu disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, karbohidrat kompleks dan sumber protein rendah lemak, seperti sayuran, buah-buahan, susu low fat, daging ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, tempe, dan juga kacang-kacangan.

source: http://www.figurellausa.com/blog-body-shape/page/2/


3. Hindari Makanan Cepat Saji

Ini yang penting kamu ketahui, yaitu menghindari makanan cepat saji, seperti junk food karena mengandung lemak jahat yang akan membuat berat badan terus naik. Selain itu, hindari juga kafein, alkohol dan nikotin, karena akan memengaruhi kualitas ASI.

source: https://www.womenfitness.net/eat-healthy/
baca juga


4. Olahraga

Diet sehat belum lengkap rasanya jika tidak melakukan olahraga. Menyusui bukanlah alasan untuk malas berolahraga. Selain dapat membantu menurunkan berat badan, olahraga saat menyusui juga dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara.

source: http://www.universoalessandra.com/estar-bien/ponte-en-forma/tres-claves-para-engancharse-con-el-gym/


5. Ikuti Saran Dokter

Jika Beautynesian masih khawatir, kamu bisa mencoba untuk konsultasi dengan dokter. Umumnya, dokter akan mengetahui hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjalani proses diet.

source: http://blog.mybabycart.com/falling-in-love-with-life-within-1