Anestesi

Anastesi merupakan sebuah proses tindakan yang diberikan kepada pasien untuk menghilangkan rasa sakit saat akan menjalani operasi. Cara kerjanya adalah dengan menutup sinyal saraf rasa sakit pada area tubuh yang akan dibedah sehingga dapat membuat pasien tidak merasakan sakit. Secara umum, anestesi diberikan melalui beberapa cara, yaitu ada yang berupa salep / semprotan, suntikan, dan dalam bentuk pemberian gas yang dihirup oleh pasien.
 

source: http://www.sheknows.com/


 


Macam-Macam Anestesi

Anestesi saat melahirkan diberikan oleh dokter untuk membuat pasien menjadi lebih rileks dan santai saat proses operasi berlangsung. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir atau menghilangkan rasa sakit. Bahkan, ada pula beberapa operasi yang membutuhkan pasien untuk tertidur sehingga proses operasi dilakukan saat pasien tidak sadarkan diri. 

Secara garis besar, anestisi ini dibagi menjadi tiga jenis, yaitu anestesi lokal, regional, dan anestesi umum. Masing-masing memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda tergantung kondisi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan tindakan operasi.

  • Anestesi Lokal : Anestesi lokal merupakan proses pembiusan yang dilakukan pada operasi kecil. Dengan kata lain, area tubuh yang mengalami mati rasa hanya berada pada sakitar wilayah tindakan.
  • Anestesi Regional : Berbeda dengan anestesi lokal, anestesi regional berfungsi dengan menutup syaraf rasa nyeri pada sebagian area tubuh. Bagian ini biasanya lebih besar dibandingkan dengan anestesi lokal, misalnya sebagian wilayah bawah pinggang. Nah, untuk anestesi jenis ini, terdapat beberapa jenis yang terbagi dalam berdasakan blok saraf yang ditutup, yaitu blok saraf perifer, epidural dan spinal. Khusus untuk proses persalinan, biasanya yang digunakan adalah anestesi epidural. Cara pemberian anestesi dilakukan dengan proses penyuntikan pada bagian dekat sumsum tulang belakang dan area saraf yang terhubung. Anestesi ini akan menghilangkan sakit atau membuat mati rasa pada beberapa area tubuh seperti pinggul, perut, dan kaki.
  • Anestesi Umum : Anestesi jenis berkerja dengan membuat pasien tidak sadarkan diri atau yang populer dengan sebutan bius total.  Biasanya akan diberikan pada pasien yang akan menjalani operasi besar, seperti operasi jantung terbuka, operasi otak, hingga proses transplantasi organ yang sangat membutuhkan ketidaksadaran pasien. 

 

source: http://lifestyle.kompas.com/


Yang wajib kamu ketahui, pemberian ketiga anestesi saat melahirkan tersebut tidak bisa sembarangan. Kamu perlu diperiksa terlebih dahulu terkait  riwayat dan kondisi kesehatan saat akan menjalani operasi. Selain itu, dokter juga perlu menyesuaikan jenis operasinya agar keamanan dan kenyamanan pasien tetap terjamin. Serta perlu juga dilakukan tes darah dan elektrokardiogram (EKG).
 

baca juga


Efek Samping Anestesi

Sebenarnya, pemberian anestesi tidak memberikan efek samping pada pasien yang bertubuh sehat. Akan tetapi, pada sebagian pasien, akan ada beberapa efek samping yang muncul, seperti misalnya muntah, pneumonia, hingga gejala radang tenggorokan.