Manfaat Memijat Bayi

Sebelum mengetahui lebih dalam tentang teknik memijat bayi, Moms perlu memahami betul apakah sebenarnya manfaat dari memijat bayi? Tahukah Moms bahwa pijatan yang diberikan pada si kecil sejak baru lahir memiliki peran yang cukup signifikan dalam tumbuh kembangnya? Ya, pijatan dan sentuhan ibu memiliki manfaat secara fisik, psikis, dan mental dari si kecil. Nah, berikut ini adalah manfaat-manfaat yang akan didapatkan dengan rutin memijat bayi :

  • Membantu tidur si kecil agar lebih nyenyak
  • Membuat tubuh bayi menjadi lebih rileks
  • Mengurangi intensitas menangis
  • Meminimalisir rasa sakit gigi ketika gigi tumbuh
  • Memperlancar sirkulasi darah
  • Membantu peningkatan berat badan
  • Melancarkan fungsi organ pencernaan
  • Melatih perkembangan mental, fisik, dan sosial si kecil
Ini Panduan Memijat Bayi Usia 1 Tahun yang Perlu Moms Tahu
source: https://hellosehat.com/


 


Cara Memijat Bayi 1 Tahun

Akan tetapi, seperti yang sudah dijelaskan, memijat bayi tidak boleh sembarangan. Agar hasil yang didapatkan bisa optimal, Moms perlu mengetahui secara detail cara memijat bayi berusia 1 tahun dengan benar. Untuk lebih jelasnya, simak panduan memijat bayi berikut ini :

Kaki
Biasanya bayi berusia 1 tahun sedang aktif-aktifnya menggerakkan kaki. Otot kaki ini memang berkembang dan menjadi kuat. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulai dari bagian kaki. Lakukan pijatan dari pangkal paha hingga ke pergelangan kaki. Jangan lupa untuk menggunakan baby oil atau minyak zaitun agar si kecil merasa hangat dan nyaman saat dipijat.

Punggung dan Telapak Kaki
Setelah kaki, Moms dapat beralih memijat bagian punggung kakinya dengan pola gerakan memutar. Tambahkan juga usapan lembut pada bagian pergelangan kaki hingga ke jari kaki. Lalui masuk ke bagian telapak kaki dengan melakukan pijatan menggunakan ibu jari. Tidak lupa untuk memijat jari-jemarinya dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari untuk menarik lembut. Lakukan gerakan ini pada kesepuluh jari kakinya.

Lengan
Setelah memijat bagian kaki dan telapaknya, beralihlah ke bagian tangan si kecil. Kamu dapat memulai pijatan dari bagian lengan atas menuju ke arah pergelangan tangan. Untuk bagian pergelangan tangan lakukan pijatan putar lembut. Ulangi 3-5 kali untuk bagian ini. Jika sudah, lanjutkan memijat telapak tangan dan jari-jarinya sama seperti saat memijat telapak kaki dan jari-jari kaki.

Dada
Buatlah si kecil rileks dengan melakukan pijatan lembut pada bagian dada si kecil. Caranya adalah dengan meletakkan kedua tanganmu di atas jantung si kecil (dada sebelah kiri). Kemudian pijat lembut dengan gerakan ke arah luar serta tekan perlahan dadanya dengan telapak tangan. Pastikan gerakan ini dilakukan dengan sangat lembut. 

Punggung
Posisikan bayi dalam posisi tengkurap. Mulailah memijat untuk area tulang belakang dari leher hingga bokong. Lakukan juga pijatan memanjang dengan gerakan mengusap dari bahu hingga ujung kaki.
 

Ini Panduan Memijat Bayi Usia 1 Tahun yang Perlu Moms Tahu
source: https://dik.my.id/


 

baca juga


Tips Memijat Bayi 1 Tahun

Bayi dengan usia 1 tahun sudah sangat aktif bergerak. Itulah sebabnya Moms perlu mengetahui beberapa tips untuk dapat membuatnya nyaman dan kalem saat sedang dilakukan pemijatan. 

  1. Lakukan pemijatan saat si kecil sedang dalam keadaan nyaman. Pastikan ia sudah makan, mandi, dan berganti popok.
  2. Hindari tempat memijat yang terlalu ramai karena dapat membuat si kecil ingin bergerak aktif saat melihat sesuatu yang menarik.
  3. Nyalakan musik atau bernyanyilah. Cara ini penting untuk membuat si kecil tenang dan fokus pada lagu dan nyanyian.
  4. Berikan mainan untuk membuatnya fokus pada mainan yang ada di tangannya. Jika tidak, ia akan aktif bergerak ke sana ke mari dan membuat Moms kesulitan saat ingin memijatnya.


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu diketahui saat akan memijat bayi 1 tahun. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya, Moms!